Siapkan Hal Ini Agar Usaha Makin Cuan Jelang Tahun Baru Imlek

Regina Mone | 16 Januari 2020, 15:30 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Tahun Baru Imlek menjadi salah satu perayaan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Menjelang hari besar ini, biasanya konsumen memiliki kebiasaan, seperti membeli dekorasi dan hiasan, persiapan sembahyang, serta membeli baju baru.

Momentum ini menjadi celah yang potensial bagi para pelaku usaha. Banyak yang memanfaatkan peluang di Tahun Baru Imlek ini untuk meningkatkan penjualan, brand awareness, atau menjaga hubungan mereka dengan pelanggan lewat serangkaian program loyalitas.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mulai mempersiapkan strategi untuk momentum perayaan ini? Sebelumnya, Anda mesti mencari tahu dulu apa saja 5 persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tidak boleh dilewatkan.

Dengan demikian, usaha Anda pun bisa berjalan dengan lebih maksimal! Ini dia beberapa hal yang dapat Anda siapkan menjelang Tahun Baru Imlek agar usaha semakin cuan!

1. Stok Barang

Anda mungkin berencana untuk tetap buka saat perayaan Tahun Baru Imlek nanti. Akan tetapi, supplier barang belum tentu tetap buka. Bisa saja, mereka memilih untuk menutup toko alias libur.

Untuk itu, Anda harus mencari tahu jadwal supplier lebih awal untuk mengetahui apakah mereka tetap buka atau tutup saat Imlek. Jika tutup, Anda bisa melakukan pengadaan stok barang lebih awal untuk menghindari kehabisan stok libur Imlek nanti.

Jangan lupa, lakukan analisis atas penjualan Anda di tahun kemarin. Misalnya, Anda ingin menjual amplop angpao. Apabila saat Imlek kemarin Anda masih memiliki sisa amplop angpao dalam jumlah yang cukup banyak, pikirkan kembali apakah Anda akan menyetok dalam jumlah yang sama atau akan Anda kurangi.

Begitu juga dengan barang-barang yang tidak tahan lama. Pikirkan ulang berapa banyak item yang akan Anda stok dan pastikan semuanya bisa laku terjual.

2. Dekor Toko agar Makin Meriah

Untuk memeriahkan dan menghadirkan suasana Imlek, Anda dapat menghias toko dengan dekorasi khas Imlek. Tidak harus mendekorasi ulang toko, cukup menghadirkan hiasan seperti lampion berwarna merah atau hiasan bunga meihua imitasi sudah membuat suasana Imlek terasa.

Suasana yang khas dan berbeda tentu bisa menjadi salah satu daya tarik pelanggan untuk mampir ke toko Anda, lho!

Nah, ada baiknya Anda mengeluarkan budget khusus untuk mendekorasi toko Anda sehingga cashflow perusahaan tetap terjaga.

Lalu, bagaimana dengan Anda yang hanya memiliki toko online? Tenang saja, Anda tetap bisa memasukan unsur Tahun Baru Imlek pada foto atau poster promo yang dirilis. Tambahkan ornamen lampion, barongsai, warna merah, atau apa pun itu yang memberikan kesan Imlek.

Tidak sulit, bukan?

3. Buatlah Program Spesial yang Berkaitan dengan Imlek

 

Mau meningkatkan penjualan dan menambah keuntungan? Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang selanjutnya.

Buatlah sebuah program spesial di Tahun Baru Imlek yang mampu menarik minat pengunjung untuk datang ke toko Anda. 

Misalnya, untuk setiap pembelian produk atau jasa senilai Rp500.000, pelanggan bisa mendapatkan Lucky Angpao yang berisi voucher cashback atau voucher diskon untuk pembelian selanjutnya. Selain meningkatkan penjualan, loyalitas pelanggan juga bisa meningkat, lho!

Siapa tahu, pelanggan bukan hanya datang di saat menjelang perayaan besar saja, melainkan di hari-hari biasa. Tentu saja, setelahnya Anda perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan supaya mereka tak lari ke kompetitor, ya!

4. Promo di Dunia Digital

Ini dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang tak boleh Anda lewatkan. Melakukan promosi lewat media digital bisa menjadi salah satu strategi jitu yang mampu menumbuhkan bisnis lebih cepat. Pertanyaannya, bagaimana caranya?

Anda bisa membuat berbagai konten kreatif di media sosial, kemudian mengiklankannya lewat Facebook atau Instagram Ads. Anda juga bisa membuat artikel blog yang SEO-nya sudah dioptimasi sehingga para pelanggan akan lebih mudah menemukan informasi mengenai toko atau bisnis Anda.

Perlu diingat, sediakanlah budget khusus untuk promosi di dunia digital supaya arus keuangan Anda bisa lebih rapi dan teratur.


Nah, itulah dia persiapan bisnis jelang Tahun Baru Imlek yang perlu Anda perhatikan. Semoga di tahun Tikus Logam ini usaha Anda akan semakin cuan!

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar