Simak beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dalam mempersiapkan strategi promo 9.9 bagi bisnis online-nya untuk menarik pembeli. 
Ilustrasi. (Grafis: MNEWS.co.id/Regina Mone)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pernahkah Anda terpikir, kenapa setiap bulan saat tanggal kembar seperti 7.7 (7 Juli), 8.8 (8 Agustus), atau 9.9 (9 September) selalu ada promo diskon besar-besaran di e-commerce?

Strategi ini digunakan oleh banyak e-commerce Indonesia sebagai sarana promosi untuk menarik lebih banyak pembeli. Pemilihan tanggal kembar menjadi lebih mudah diingat oleh pembeli dan melekat di benak mereka untuk mengalokasikan anggaran belanja setiap bulannya.

Strategi promo tanggal kembar, seperti 9.9, juga menjadi hari yang ditunggu-tunggu banyak orang karena banyaknya diskon yang ditawarkan. Kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM karena meningkatnya daya beli masyarakat saat promo tanggal kembar tiba.

Jadi, ikut berpartisipasi dalam promo event tanggal kembar di setiap bulan adalah strategi promosi yang bagus buat diterapkan oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan.

Namun sebelum mulai menerapkan promo 9.9, ada beberapa hal yang sebaiknya disiapkan terlebih dahulu oleh pelaku UMKM.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM dalam mempersiapkan strategi promo 9.9 bagi bisnis online-nya untuk menarik pembeli. 

Rencanakan Promosi
Rencanakan promosi sebaik mungkin sehingga eksekusinya berjalan dengan lancar dan tidak mendadak. Rencanakan kapan periode pelaksanaanya, jenis promosi, jumlah produk, dan sebagainya.

Buat promo 9.9 sekreatif mungkin. Misalnya, selain menawarkan diskon, Anda juga bisa mengadakan kuis atau giveaway di media sosial serta menjual paket produk bundling spesial. 

Selain itu, jangan lupa untuk mempertimbangkan besarnya diskon yang akan diberikan agar Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Seimbangkan promosi dengan biaya operasional maupun dengan kapasitas kinerjamu. Jangan sampai konsumen malah jadi kecewa karena tidak mendapatkan pelayanan yang baik.

Bangun Antusiasme
Setelah merencanakan promosi, langkah selanjutnya adalah membangun antusiasme untuk membuat konsumen tertarik dengan promo 9.9 yang akan Anda jalankan.

Sebarkan informasi tentang promo 9.9 yang akan Anda adakan di berbagai saluran penjualan yang dimiliki, mulai dari media sosial, aplikasi pesan instan, website, dan kanal penjualan online lainnya. 

Buat konten yang menarik dan interaktif agar konsumen tertarik untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai brand atau produk bisnis online Adda dan mau berpartisipasi dalam promosi yang sedang dijalankan. 

Beri Batasan Periode Promosi
Batasi promosi pada periode waktu tertentu untuk memberikan sense of urgency kepada konsumen.

Sense of urgency atau perasaan mendesak tersebut akan mendorong pembeli untuk segera melakukan pembelian dan secara tidak langsung akan mempersempit waktu berpikir sehingga pada akhirnya mereka tidak akan sempat memikirkan alternatif produk lain serta tidak ketinggalan promo yang Anda berikan.

Tentukan juga produk mana yang ingin Anda maksimalkan penjualannya. Misalnya dengan memberikan promo yang lebih besar untuk produk-produk yang stoknya sudah mau habis dan menyediakan stok lebih banyak untuk produk favorit. 

Beriklan
Jika sudah memiliki alokasi anggaran, Anda juga dapat memaksimalkan penjualan di momen promo 9.9 melalui iklan. Ada banyak platform yang dapat Anda gunakan untuk beriklan, mulai dari Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, maupun fitur iklan di marketplace.

Jangan lupa untuk disesuaikan dengan platform yang sering digunakan oleh konsumen agar iklan tepat sasaran. 

Selain iklan digital, Anda juga dapat mempromosikan bisnis secara online melalui kerja sama dengan influencer. Riset menunjukkan jika influencer menjadi salah satu sumber informasi utama konsumen yang mempengaruhi mereka dalam memutuskan membeli suatu barang. Pilih influencer yang memang pengikutnya sesuai dengan target pelanggan Anda.

Tunjukkan Testimoni
Tak sedikit juga konsumen yang masih ragu untuk berbelanja saat momentum promo besar-besaran karena takut tertipu atau menerima produk yang kualitasnya tidak sesuai ekspektasi.

Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen, pelaku UMKM bisa menampilkan testimoni dari pelanggan yang sebelumnya telah membeli produk yang dipromosikan.

Jika Anda berjualan di marketplace, tampilkan rating dan review dari pelanggan sehingga konsumen yakin untuk membeli produk yang dijual.

Pastikan Sistem Siap
Selain mempersiapkan promo, jangan lupa juga untuk memastikan kesiapan sistem transaksi penjualan online Anda mulai dari internet yang cepat, kemudahan metode pembayaran, serta tenaga kerja yang mampu melayani setiap transaksi yang masuk.

Meski terlihat sepele, namun persiapan sangat penting dilakukan agar konsumen tidak kecewa dengan pelayanan yang diberikan dan ingin membeli lagi ke toko online Anda.

Pilih Jasa Pengiriman yang Tepat
Terakhir, pilihlah jasa pengiriman yang tepercaya. Pengiriman produk yang cepat dan akurat akan membuat konsumen puas dan senang. Apalagi, pengiriman menjadi interaksi terakhir antara bisnis online dengan konsumen.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pelaku UMKM dalam memilih jasa pengiriman yang fleksibel untuk memaksimalkan penjualan online saat promo 9.9 sangat penting agar produk sampai ke tangan konsumen tepat waktu. 

Ketika konsumen puas dengan layanan yang diberikan, mereka tentu saja akan lebih yakin untuk kembali berbelanja dan merekomendasikan toko online Anda ke orang lain. Dengan demikian, reputasi toko online Anda pun bisa semakin meningkat dan dikenal oleh lebih banyak orang.