Pelaku UMKM, Ini Pentingnya Copywriting

Dewi Fadhilah Soemanagara | 30 April 2019, 09:46 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id — Untuk memperkuat brand, penting bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk mempelajari copywriting. Pasalnya, copywriting yang baik bisa meningkatkan omzet dan membuat orang lebih familiar dengan karakter brand yang kita bangun.

Malinda Martha, Digital Marketing and Ecommerce Executive at ADX Asia memaparkan, copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan.

“Copywriting yang baik dapat meningkatkan sales hingga tiga kali lipat,” ujar Malinda dalam sesi Kelas Komunitas “Pentingnya Copywriting Bagi Pelaku UMKM” di Mini Stage Jakarta Marketing Week 2019, Kota Kasablanka, Jakarta, (29/4/2019).

Ia menambahkan, copywriting yang baik dapat memberikan 2 hasil signifikan. Pertama, meningkatkan penjualan produk, dan kedua membuat brand jadi lebih menarik.

Copywriting digunakan oleh pelaku UMKM bukan hanya untuk sekadar berjualan, tetapi juga membangun nilai brand. Membuat konten yang bisa memberikan pemahaman kepada konsumen tentang pentingnya brand tersebut.

Lebih lanjut Malinda menuturkan, copywriting sebaiknya dikemas secara singkat dan menarik sesuai dengan karakter brand. Alih-alih menggunakan taktik hard selling, gunakan soft selling yang bisa memotivasi konsumen untuk mencari tahu tentang brand kita. Misalnya, strategi memberikan diskon atau potongan harga bisa lebih memancing rasa ingin tahu dibandingkan hanya menonjolkan fitur produk.

“Kita sebagai manusia senang berbelanja tapi tidak suka kalau dipaksa. Jadi, penting menuliskan keuntungan atau manfaat yang akan didapat oleh pelanggan dari produk kita, bukan fiturnya,” imbuh Malinda.

Copywriting ini bisa diterapkan tidak hanya untuk strategi digital marketing, tetapi juga offline marketing.

 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar