Intip Peluang Bisnis di Bulan Ramadan 2022 yang Dapat Menjadi Sumber Pemasukan Tambahan
Intip Peluang Bisnis di Bulan Ramadan 2022 yang Dapat Menjadi Sumber Pemasukan Tambahan. (Foto: IDXChannel)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bulan Ramadan akan kembali menyapa sebentar lagi! Tidak diragukan lagi, Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam di Indonesia.

Peluang bisnis di bulan puasa Ramadan tahun 2023 juga menjadi momen berbisnis yang ditunggu-tunggu. Karena selain menjadi bulan yang penuh dengan pahala, bulan Ramadan juga menjadi ladang rezeki bagi setiap masyarakat yang ingin berjualan.

Di bulan suci ini banyak sekali ide serta peluang bisnis yang bisa menjadi sumber pemasukan tambahan bagi Anda, mulai dari kuliner hingga baju muslim. Ini menjadi peluang bagi para pengusaha yang ingin mencari untung, karena selama bulan Ramadan, cenderung terjadi peningkatan tingkat konsumsi yang dilakukan oleh masyarakat.

Yuk, intip beberapa peluang bisnis di bulan Ramadan tahun 2023 yang bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk mendapatkan sumber pemasukan tambahan.

1. Menjual takjil
Takjil adalah hidangan yang identik dengan bulan Ramadan. Setelah seharian haus dan lapar, tentu saja banyak orang yang ingin menikmati hidangan yang menyegarkan dan lezat seperti kolak, bubur sumsum, es kopyor, es cincau, dawet, atau salad buah saat berbuka puasa. Tambahkan nilai unik untuk membedakan takjil Anda dengan produk lain yang ada di pasar serta menjadi daya tarik tersendiri untuk memikat calon pembeli.

2. Perlengkapan Sholat
Tidak hanya pakaian, perlengkapan sholat juga bisa dijadikan ide bisnis kreatif selama bulan Ramadhan. Biasanya, banyak orang mencari alat salat, seperti mukena, sarung, sajadah, hingga tasbih agar ibadah lebih khusyuk. Untuk meningkatkan angka penjualan, Anda bisa menawarkan paket hemat berisikan beberapa alat salat, misalnya sajadah, sarung, dan tasbih.

3. Jual Menu Sahur dan Berbuka Puasa
Peluang bisnis kuliner di bulan puasa Ramadan tahun 2022 lain yang bisa dicoba adalah membuka bisnis makanan yang menawarkan paket menu sahur dan buka puasa. Peluang ini dapat ditargetkan kepada kaum rantau di perkotaan serta bagi mereka yang tidak sempat menyiapkan menu sahur dan buka puasa karena kesibukan pekerjaan atau hal lainnya.

4. Kue Kering
Usaha kue kering menjadi salah satu peluang bisnis kuliner di bulan puasa Ramadan tahun 2022 yang menjanjikan. Meskipun tingkat persaingannya tinggi, dengan rasa dan tampilan yang menggugah selera, konsumen pasti akan tertarik. Anda bisa saja menjual nastar, kue keju, puteri salju, kue kacang, kue kelapa, lidah kucing, bahkan semprit.

Kue kering akan diserbu banyak orang saat menjelang Lebaran karena menjadi hidangan wajib yang disuguhkan bagi kerabat di Hari Idul Fitri atau saat Lebaran.

Untuk yang senang membuat kue kering, peluang bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan. Selain hobi memasak Anda tersalurkan, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat.

Bisnis ini biasanya akan mulai ramai 1-2 minggu sebelum Lebaran datang. Jadi, cobalah mulai persiapkan ide jualan bulan puasa mulai sekarang.

5. Pakaian Lebaran
Meski harus berpuasa sebulan sebelum merayakan Idul Fitri, namun sebagian orang sudah menyiapkan barang-barang yang identik dengan Lebaran jauh-jauh hari. Salah satunya adalah membeli baju Lebaran. Tidak hanya baju Lebaran untuk orang dewasa, baju untuk anak-anak dan bayi juga banyak diminati konsumen. Manfaatkan kesempatan ini untuk menambah penghasilan Anda.

6. Parsel
Selain membuat kue kering, tak ada salahnya Anda juga memulai jasa pembuatan parsel yang akan sangat menguntungkan menjelang Lebaran nanti. Anda bisa menawarkan beberapa jenis parsel dengan isian berbeda, misalnya berupa kue kering, aneka macam makanan ringan dan biskuit yang ada di pasaran, aneka produk kerajinan tangan, atau sembako (sembilan bahan pokok).

Menjelang Lebaran, banyak orang berpikiran untuk memulai bisnis yang bisa menambah penghasilan. Apalagi, daya beli masyarakat menjelang hari raya biasanya meningkat, sejalan juga dengan berbagai kebutuhan yang khusus muncul di bulan Ramadan 2022.

Lakukan perencanaan yang matang sebelum memulai usaha di bulan Ramadan 2022 untuk dapat memaksimalkan omzet penjualan sebagai sumber penghasilan tambahan.