5 Tips Agar Kembali Produktif Usai Liburan

Dewi Fadhilah Soemanagara | 11 Juni 2019, 17:34 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id – Libur lebaran telah usai, saatnya kembali beraktivitas di kantor atau menjalankan usaha bagi pelaku UMKM yang sempat rehat beberapa waktu saat hari raya.

Tentunya, tidak mudah beradaptasi kembali pada rutinitas kerja usai bersantai dan melepas penat. Tapi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan supaya bersemangat kembali pasca libur panjang.

  1. Mulai hari dengan makanan kesukaan
Photo by OLA Mishchenko on Unsplash.

Sarapan dengan makanan favorit bisa menjadi mood booster sebelum memulai aktivitas. Bisa siapkan sendiri sarapan praktis roti dengan topping berprotein seperti telur, keju, dan daging, atau makanan khas untuk sarapan lainnya seperti nasi goreng. Atau, bisa juga membeli menu sarapan favorit yang sedang diidamkan. Di pagi hari, tubuh perlu asupan nutrisi untuk bisa beraktivitas sepanjang hari, jadi jangan lewatkan sarapan ya!

  1. Berbincang dengan rekan kerja
Photo by rawpixel.com from Pexels.

Masuk kantor atau memulai kerja memang kadang membosankan, bahkan bisa jenuh, tapi kehadiran rekan kerja bisa membuat kita jadi lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Buka obrolan seputar liburan dan hal-hal menarik lainnya bersama teman, bisa meningkatkan rasa percaya diri dan rasa senang. Berdasarkan penelitian dari Joshy Jacob Vazhappilly dan Marc Reyes (2017) dari University of Santo Tomas (Manila), komunikasi yang baik bisa memperkuat hubungan dengan sesama manusia dan meningkatkan mood.

  1. Eksekusi To-Do List dari yang Termudah
Photo by Breakingpic from Pexels.

Jika kamu memiliki to-do list pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu, mulailah dari yang termudah dan ringan untuk dikerjakan. Mengerjakan pekerjaan yang mudah bisa menjadi pemanasan, sebelum memulai pekerjaan berikutnya yang lebih membutuhkan konsentrasi. Cicil pekerjaan sedikit demi sedikit dan beri jeda waktu untuk rehat sejenak apabila kamu mulai merasa lelah.

  1. Putar Playlist Favorit
Image from Unsplash.

Berbagai riset menunjukkan, musik memberikan banyak manfaat, tidak hanya secara psikis tapi juga secara fisik. Selain mengurangi stress dan meningkatkan imunitas tubuh, musik juga bisa membuat kita rileks, mempertajam daya ingat dan kemampuan otak untuk mempelajari hal baru, dan menambah kecerdasan verbal. Putar musik favorit di gadget-mu sambil bekerja, dan rasakan sendiri semangat yang akan mengiringimu bekerja usai liburan!

  1. Hangout After Office Hours
Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash.

Agar hari-hari awal bekerja usai liburan tidak menjadi beban, rencanakan untuk pergi makan malam bersama teman atau keluarga, atau sekadar duduk bertemu kawan lama dan menyeruput kopi saat pulang kerja. Meski singkat, hangout after office hours bisa mengisi semangatmu untuk keesokan harinya, bahkan seterusnya. Bisa jadi, kamu dapat inspirasi dari teman hangout-mu tentang kehidupan, yang bisa diterapkan juga di pekerjaan.

Itu dia 5 tips memulihkan semangat usai liburan agar kembali produktif. Selamat mencoba!

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar