Ilustrasi buku. (Foto: freepik.com/freepik)

Jakarta, MNEWS.co.id – Sukses dalam menjalankan usaha sendiri tentu menjadi dambaan banyak orang. Namun seringkali, ada saja halangan untuk memulai usaha. Atau juga, mentok di awal-awal usaha dan membuat kalian jadi bingung untuk melanjutkan bisnis yang sudah dimulai.

Tak perlu khawatir, karena lima buku rujukan di bawah ini bisa membantu kamu yakin untuk memulai bisnismu. Berikut rekomendasinya yang dilansir MNEWS.co.id dari Gramedia.

1. Enterpreneur Talks Tujuh Strategi Mengembangkan Bisnis – Herlina P. Dewi

Foto: Gramedia.com

Entrepreneur pemula biasanya merasa perlu banyak mengembangkan usahanya. Namun, ketika usaha sudah berjalan dan mendapat omzet yang lumayan, mereka justru akan cepat merasa cukup.

Di buku ini lah, penulis mencoba memaparkan strategi untuk membesarkan usaha yang baru dimulai. Bagaimana untuk terus meningkatkan omzet dan bagaimana cara menyebarkan produk secara luas, bahkan hingga ke mancanegara.

2. Entrepreneurial You: Monetize Your Expertise, Create Multiple Income Streams, and Thrive – Dorie Clark

Foto: businessinsider

Menjadi wirausahawan sukses tentunya menjadi impian banyak orang. Tetapi tentunya banyak hal yang perlu dipelajari oleh seorang entrepreneur untuk meraih kesuksesan, termasuk bagaimana cara mendapatkan klien.

Buku ini menawarkan saran yang mendalam untuk memulai usaha. Selain itu juga berisi dengan kisah-kisah pengusaha sukses dari semua kalangan.

3. Think Big, Act Bigger: The Rewards of Being Relentless – Jeffrey W. Hayzlett

Foto: businessinsider

“Langkah paling berbahaya dalam bisnis adalah tidak bergerak sama sekali,” tulis Jeffrey dalam bukunya ini.

Pembawa acara kondang ini menyampaikan pesan-pesan sederhana, namun kuat dan berguna bagi mereka yang baru memulai usaha atau mereka yang sudah memiliki bisnis raksasa.

4. Setting The Table – Danny Meyer

Foto: businessinsider

Ingin membuka usaha di bidang kuliner? Kalian harus curi ilmu dari Danny Meyer. Sebagai pemilik restoran sukses di New York City ini berbagi ilmu lewat buku Setting The Table.

Salah satu rahasia yang dibagikannya adalah bagaimana keramahtamahan berperan penting dalam bisnis kuliner. Selain itu tentunya manajemen dan memilih karyawan juga berperan penting di dalamnya.

5. Jab, Jab, Jab, Right Hook – Gary Vaynerchuk

Foto: businessinsider

Ingin berbisnis dengan sesuatu yang bersinggungan dengan paltform sosial media? Buku dari Gary Vee ini salah satu yang perlu kalian baca.

Lewat buku ini, sang penulis memberikan rahasia-rahasia digital marketing yang dibutuhkan para pelanggan. Mencari tahu apa yang mereka inginkan dan memberikannya kepada mereka, berupa konten berkualitas tinggi yang juga menargetkan secara tepat untuk siapa konten itu dibuat.

Apakah Anda memiliki rekomendasi buku lain yang membantu saat memulai atau merintis usaha? Silakan share di kolom komentar, ya.