Berkenalan dengan Manjareal, Oleh-oleh Khas Sumbawa

Regina Mone | 22 September 2019, 06:40 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Tidak hanya keindahan pesona alam, Sumbawa juga menyimpan aneka kekayaan makanan khas daerah. Salah satunya adalah manjareal.

Manjareal merupakan penganan permen kacang bertekstur keras dan renyah khas Sumbawa dengan rasa yang sangat unik di mulut. Manjareal memiliki sensasi manis dengan rasa kacang yang kuat. Manjareal sangat unik dan cantik secara tampilan. Warnanya putih yang dibungkus secara apik dengan daun lontar.

Manjareal dibungkus atau dicetak membentuk bunga dan masih memperlihatkan isinya. Manjareal dibuat dari bahan utama kacang tanah yang dihaluskan. Kacang tanah ini kemudian dimakan dengan gula dan tepung beras atau sagu. Campuran bahan ini diaduk-aduk seperti dalam pembuatan dodol.

Lengkungan daun lontar manjareal sangat mirip dengan bentuk keriting tiga pada kartu remi. Manjareal dibentuk dengan daun lontar yang sudah dikeringkan. Sehelai daun lontar dilengkungkan tiga kali, lalu bagian bawahnya dirapatkan dan diikat dengan benang. Sisa benang dan daun lalu dipotong. Kalau tak mau repot, cetakan manjareal bisa dibeli di pasar yang dapat ditemukan di Sumbawa.

Daun lontar tersebut hanya berfungsi sebagai cetakan dan pemanis. Bagian yang bisa dimakan terdapat di antara lengkungan cetakan tersebut. Warnanya putih, teksturnya agak kering dan padat. Untuk menikmatinya, cukup tusuk saja manjareal dengan jari untuk mengeluarkannya dari cetakan.

Manjareal bisa menjadi oleh-oleh unik untuk bagi mereka yang berkunjung ke Sumbawa. Kita bisa membelinya di toko oleh-oleh, toko makanan, atau datang langsung ke produsennya di Sumbawa. Sebungkus manjareal biasanya dijual dengan harga Rp10.000,-.

Kalau melancong ke Sumbawa, jangan pernah melewatkan oleh-oleh manjareal. Tak hanya rasanya yang enak, tapi juga tampilannya yang enak dilihat.

 

 

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar