Tren Usaha Makanan Terpopuler Sepanjang 2018, yang Mana Favoritmu?

Regina Mone | 06 Februari 2019, 10:21 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Berbagai inovasi usaha hadir di tengah masyarakat sepanjang tahun 2018 lalu, khususnya di bidang usaha kuliner. Beragam jenis makanan yang unik nan lezat pun bermunculan untuk memuaskan lidah para pencinta kuliner.

Beberapa kuliner yang hadir punya keunikannya masing-masing, namun beberapa lainnya menjamur karena ingin mencari momen akan sesuatu yang viral di masyarakat. Apa saja tren usaha kuliner yang hadir sepanjang tahun 2018? Apakah Anda juga memanfaatkan tren ini untuk sebagai dijadikan peluang usaha selama tahun 2018 lalu? Melansir dari artikel yang dikeluarkan oleh MOKA, MNEWS.co.id merangkum beberapa tren kuliner tersebut sebagai berikut ini.

1. Ayam Geprek
Ilustrasi Ayam Geprek (image: Google)

Bisnis kuliner berbahan dasar ayam memang selalu menjadi primadona para pecinta kuliner dari masa ke masa. Tak ketinggalan di tahun 2018, ayam geprek menjadi salah satu kuliner yang paling populer. Setiap restoran yang menyajikan ayam geprek pun memiliki keunikannya masing-masing, seperti rasa sambalnya yang pedas atau penambahan topping unik seperti keju mozzarella.

Tak ketinggalan, artis seperti Ruben Onsu pun memanfaatkan tren ini dengan membuka gerai ayam gepreknya sendiri dengan nama I Am Geprek Bensu. Selain Bensu, masih ada beberapa kedai ayam geprek terkenal, misalnya Ayam Keprabon Express, hingga Ayam Gepuk Pak Gembus.

2. Es Kepal Milo
Es Kepal Milo sempat menjadi tren di tahun 2018 (image: Google)

Siapa yang tidak pernah mendengar kuliner segar yang satu ini? Meski hanya berumur pendek, tak bisa dipungkiri bahwa es kepal Milo sempat viral di pertengahan tahun 2018. Rasa penasaran masyarakat membuat banyak kedai es kepal Milo hadir hampir di setiap sudut jalan kala itu.

Modalnya yang kecil, penyajiannya yang mudah, serta pilihan topping yang menarik, mungkin menjadi beberapa alasan banyak orang yang menjajakan kuliner ini. Anda hanya membutuhkan mesin penyerut es, Milo bubuk, susu kental manis, dan beragam topping seperti kacang, meses, dan keju sesuai selera. Namun sayang, bisnis es kepal Milo tidak bertahan lama dan banyak orang sudah mulai bosan.

3. Es Kopi Susu
Berbagai Es Kopi Susu yang hadir di masyarakat (image: merahputih.com)

Tren usaha kopi merupakan salah satu bisnis kuliner yang pertumbuhannya boleh dibilang signifikan. Harganya yang murah, bisa dinikmati kapan saja, dan tempat yang nyaman mungkin jadi daya tarik tersendiri bagi para pencinta kopi.

Tidak mengherankan apabila pertumbuhan penjualan es kopi susu berbanding lurus dengan semakin banyaknya kafe-kafe kecil yang khusus menyediakan menu kopi. Misalnya saja Tuku, Animo, Fore Coffee, dan masih banyak yang lainnya. Anda pun bisa menemukan varian es kopi susu dari harga yang murah hingga harga premium.

4. Makanan Sehat
Menu makanan sehat di SaladStop! (image: twitter.com/grandindo)

Semakin lama, terlihat bahwa masyarakat modern semakin sadar akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Rupanya, keinginan masyarakat untuk memulai hidup sehat ini bisa menjadi peluang pasar yang menguntungkan bagi para pebisnis kuliner.

Beberapa jenis makanan sehat yang kerap ditemui di masyarakat misalnya adalah poke bowlsmoothie bowl, makanan organik, hingga makanan khusus pecinta sayuran atau vegetarian. Tidak hanya menyajikan makanan sehat, kebanyakan dari mereka juga menyiapkan hidangan-hidangan tersebut dengan cantik sehingga cocok untuk menghiasi feed Instagram para konsumen mereka. Beberapa restoran yang cukup terkenal menyajikan makanan sehat di antaranya adalah BurgreensNalu Bowl, hingga SaladStop!

5. Donat Indomie
Donat Indomie (image: Google)

Masih ingatkah Anda dengan kuliner yang satu ini? Ya, makanan ini viral justru bukan dari Indonesia. Tren makanan ini justru berawal dari salah satu produsen donat di Australia bernama Donut Papi. Mereka berkolaborasi dengan Indomie untuk menjual sebuah donat baru yang unik dengan berbahan dasar Indomie. Tak butuh waktu lama untuk warga Indonesia untuk melirik hal viral tersebut. Hingga pada akhirnya pada pertengahan 2018, donat Indomie jadi kuliner yang hits.

6. Pisang Nugget
Pisang Nugget Banatop (image: detik.com)

Seperti namanya, bahan dasar pembuatan makanan ini adalah pisang yang kemudian diolah menjadi potongan naget kecil-kecil disertai topping manis yang beragam. Pisang nugget menjadi hidangan manis yang cukup terkenal di tahun 2018. Uniknya, setiap penjual memiliki kreasinya masing-masing dalam penggunaan topping, misalnya saja topping matcha, keju, bubuk Milo, hingga kacang almond.

7. Cheese Tea
Menu Cheese Tea dari Gulu Gulu (image: instagram.com/gulugulu.id)

Sebelumnya, mungkin kita tidak akan pernah terbayang dengan kombinasi antara keju dan teh. Namun tidak ada yang tidak mungkin, apalagi dengan kemunculan cheese tea sebagai salah satu minuman yang cukup viral di tahun 2018 lalu, setelah kemunculan Thai tea. Minuman yang berasal dari Taiwan ini pada dasarnya merupakan teh oolong yang kemudian diberikan toppingkeju namun dalam bentuk busa yang lembut.

8. Roti John
Roti John (image: Google)

Berbeda dengan roti bakar biasa, roti john memiliki bentuk yang panjang mirip seperti baguette namun dengan tekstur yang lebih lembut. Roti yang sempat hits di tahun 2018 ini memiliki rasa yang gurih karena memiliki isian seperti telur, sayuran, daging asap, dan keju. Harganya yang terbilang murah menjadikan roti ini cukup populer. Anda pun bisa menemukan penjual kuliner ini di pinggir jalan.

 

Itulah tadi beberapa jenis bisnis kuliner yang sempat populer di tahun 2018. Bahkan, beberapa di antaranya masih bertahan hingga kini. Memasuki bulan kedua tahun 2019, tentu kuliner-kuliner baru akan terus bermunculan. Kira-kira apa ya tren makanan yang akan hits di tahun 2019?

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar