Chef Arnold. (Foto: Hipwee)

Jakarta, MNEWS.co.id – Chef Arnold Poernomo membagikan sejumlah menu Ramadan yang mudah dimasak untuk sajian hidangan Lebaran tahun ini.

Berikut adalah beberapa menu hidangan ala Chef Arnold yang bisa dijadikan inspirasi untuk menyambut Lebaran.

Panna cotta saus kurma
Salah satu buah yang paling banyak dan mudah ditemukan saat bulan Ramadhan adalah kurma. Sebagai buah anjuran Nabi Muhammad SAW untuk berbuka puasa, kurma ternyata bisa diolah menjadi saus untuk dessert modern, panna cotta.

“Cara membuatnya pun mudah, kurma bisa diblender bersama air, lalu dimasak dengan api kecil dengan sedikit gula dan garam, lalu diaduk sampai mengental dengan tekstur saus yang diinginkan,” kata Chef Arnold.

Tahu walik
Selain kurma, tahu pun menjadi bahan makanan andalan banyak orang yang selalu ada di rumah karena bergizi dan mudah ditemukan. Kalau sudah bosan dengan menu tahu yang itu-itu saja, bisa dicoba resep tahu walik dengan sambal colo-colo yang pedas dan menyegarkan.

Tahu walik ini sebenarnya adalah tahu pong biasa yang dibalik dan ditambahkan tepung tapioka serta ayam dan bumbu-bumbu di dalamnya. Yang menambah keunikan rasanya adalah, cocolan sambal colo-colo yang menggabungkan berbagai jenis cabai, bawang, dengan sambal jadi dan jeruk nipis.

Kakap putih sambal kemangi
Setelah camilan, sekarang saatnya makan besar dengan nasi dan lauk. Agar tidak terlalu mengenyangkan, ikan kakap bisa menjadi pilihan protein yang tepat karena teksturnya yang tidak keras.

“Yang penting ikan tersebut harus segar. Agar tidak amis, lumuri dengan garam dan merica sebelum digoreng, lalu beri tambahan kecap inggris dan kecap manis sebagai perasa, dan terakhir beri sentuhan daun bawang dan jeruk nipis untuk menambah kesegaran,” kata Chef Arnold.

Chef Arnold mengatakan, tidak perlu habis pikir untuk mengeksplorasi dan mengolah bahan makanan sehari-hari yang bisa disulap menjadi menu baru yang tidak kalah lezatnya, dan bisa menambah semangat menyambut Idulfitri.