Ide Usaha Rumahan: Salad Buah yang Segar dan Menggugah Selera
Ide Usaha Rumahan: Salad Buah yang Segar dan Menggugah Selera (Foto: Azkakun Salad)

Jakarta, MNEWS.co.id – Lezat, menyehatkan, dan segar, barangkali itulah yang terlintas jika menyebut salad buah. Kini, salad buah hadir dalam beragam varian rasa dan sudah menjadi salah satu pilihan camilan sehat. Peminatnya pun datang dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Peluang ini menjadikan usaha rumahan salad buah sebagai ide usaha yang menjanjikan. Berusaha menjadi mandiri, Christina Ditya Kumala Anggraeni mencoba peruntungan dengan menjual salad buah yang Ia racik sendiri dengan jenama Azkakun Salad.

Usaha ini bermula saat Ditya sering kali membuat salad buah untuk dikonsumsi saat makan siang bersama temannya ketika masih bekerja sebagai pegawai bank. Hingga akhirnya di tahun 2015, Ia berhenti dari pekerjaannya untuk ikut suami pindah ke luar kota.

Lalu di tahun 2020, Ditya memutuskan untuk fokus membangun usaha salad buah berbekal saran dari temannya yang pernah mencoba salad hasil buatannya yang terasa enak dan segar. Resep salad buah tersebut Ia gunakan turun-temurun dan baginya sangat menyenangkan karena bisa tetap fokus bekerja sembari mengurus keluarga.

Ditya mengatakan, salad buah buatannya secara garis besar sama dengan produk sejenis pada umumnya. Ada berbagai buah-buahan yang digunakan seperti jeruk, anggur, mangga, stroberi, hingga kiwi. Namun, hal yang membedakan terletak pada saus premium “KUN” yang diracik sendiri hingga berbagai topping pendukung mulai dari granola, almond, keju, dan chia seed.

Ditya meracik sendiri saus premium “KUN” pada salah buah miliknya dengan konsistensi yang lebih padat pada lapisan atas bernama ‘Kun Sauce (saus KUNing)’ sebelum dilapisi keju dan topping.

Sementara untuk lapisan bawah menggunakan mayonaise yang dibuat sendiri dan terasa lebih enak. Salad buah Azkakun memiliki harga berkisar Rp6.000,- untuk mini cup dan Rp120.000,- untuk ukuran 1.500 ml.

Bahan baku yang digunakan pun memiliki kualitas terbaik yang diambil langsung di pasar lokal dengan tingkat kesegaran buah pilihan, sekaligus sebagai upaya untuk memberdayakan produk domestik.

Sesuai dengan tagline Azkakun Salad yakni ‘fresh, yummy, and creamy’, Ditya sangat memperhatikan kualitas produk agar tetap segar dan enak. Untuk pemesanan Ia menggunakan sistem pre-order (PO) agar produk tetap terjamin tingkat kesegarannya ketika diterima di tangan konsumen.

“Dengan sistem PO, saya bisa tetap menjaga salad buah ini terjaga sempurna kesegarannya. Jadi saya yakin apa yang saya berikan untuk pembeli adalah buah dengan kualitas yang baik dan pada tingkat kesegaran yang optimal,” ujar Ditya kepada M-News.

Sampai saat ini, usaha salad buah masih diproduksi sendiri oleh Ditya dengan kapasitas produksi yang sesuai dengan kemampuannya. Ia mengaku belum berani untuk dibantu oleh orang lain karena khawatir cita rasa produknya akan berbeda.

Bekerja seorang diri baginya sangat menyenangkan mulai dari memilih bahan baku, mengolah saat produksi, hingga memotret produknya dilakukan sendiri sesuai dengan kemampuan.

Untuk menggaet konsumennya, Ditya menggunakan strategi word of mouth (WOM) dan hingga kini sudah memiliki pelanggan yang tetap loyal untuk membeli. Dengan memanfaatkan strategi WOM, banyak para pelanggan baru yang mengetahui produk Azkakun Salad dari para konsumen yang sebelumnya sudah pernah membeli.

Selain itu, Ia juga fokus untuk memasarkan produknya melalui media sosial Instagram dan WhatsApp. Menurutnya, berjualan secara online mampu menjembatani calon konsumen yang ingin mengetahui dan melihat seberapa menarik produk yang Ia jual.

Penulis: Rasti R.
Editor: Regina Mone

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here