Mengasah Kemampuan Berwirausaha di Unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja

Rasti R | 05 Agustus 2019, 16:33 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Menjadi seorang pengusaha merupakan sebuah langkah yang tepat untuk mencapai sebuah kesuksesan, terlebih saat ini dunia wirausaha kini tengah digandrungi oleh para generasi muda. Wirausaha sangat penting buat generasi muda karena generasi muda merupakan penerus bangsa untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk diri sendiri dan juga orang lain.

Menjadi seorang wirausaha muda dan juga sukses diperlukan pelatihan serta motivasi sedini mungkin, para generasi muda membutuhkan bimbingan bekal yang bisa didapatkan sejak dibangku perkuliahan. Pada tahapan usia muda mereka akan belajar menumbuhkan jiwa wirausaha dan akan tumbuh menjadi pribadi yang kreatif. 

Seperti yang diterapkan oleh Mahasiswa Politeknik Pariwsata (Poltekpar) Medan yang mengasah pengetahuan serta kemampuan di bidang kewirausahaan dengan membentuk Unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja (IBBK).  Anwari Masatip selaku  Direktur Politeknik Pariwisata Medan mengatakan bahwa, seorang mahasiswa harus memiliki jiwa kewirausahaan dan hal ini merupakan salah satu tantangan yang harus dijawab oleh Poltekpar Medan dalam Workshop Student Enterpreneurs “How To Start Your Business" di Medan, Kamis (1/8/2019).

“Tidak hanya menyiapkan SDM siap pakai, tapi Poltekpar Medan juga harus menyiapkan SDM yang bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya,” ujar Anwari dilansir dari siaran pers Kemenpar.

Langkah awal Poltekpar telah membentuk Unit Inkubator Bisnis dan Bursa Kerja (IBBK), unit ini merupakan salah satu hal penunjang yang ada di lingkungan pendidikan Poltekpar Medan yang memiliki tanggung jawab untuk memotivasi, memonitor, serta memberikan sebuah solusi untuk para mahasiswa yang memang akan memulai bisnis dan juga yang telah memiliki bisnis sendiri.

Kerja sama yang telah dilakukan sudah berlangsung sejak Februari 2019 dan pihaknya pun telah melaksanakan pelatihan untuk para dosen. Dan kini Poltekpar Medan telah kembali bekerja sama dengan tujuan untuk melakukan pelatihan kepada mahasiswa dengan mengadakan Workshop Student Enterpreneurs dengan tema “How To Start Your Business" yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 31 Juli 2019 hingga 1 Agustus 2019.

Melalui workshop ini Anwari berharap dapat memberikan sebuah pembekalan ilmu mengenai enterpreneurship serta sekaligus pengarahan yang diberikan kepada mahasiswa untuk membuka usaha dan juga bisnis yang dimiliki. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk melahirkan sekaligus mengembangkan entrepreneur dan menghasilkan minimal 10 persen alumni Perguruan Tinggi Pariwisata menjadi entrepreneur yang terkait bidang pariwisata, terutama di Kawasan Danau Toba,” ujar Ni Wayan Giri selaku Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan. Giri juga mengapresiasi mengenai upaya Poltekpar Medan dan berharap para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan serta SDM unggulan pariwisata terutama untuk kawasan Danau Toba. 

Workshop Student Enterpreneurs “How To Start Your Business" telah diikuti oleh 40 mahasiswa dari Poltekpar Medan yang telah dipilih dari setiap program studi (prodi) yang telah dinilai memiliki jiwa kewirausahaan. Dan sebelumnya para mahasiswa tersebut telah diminta untuk membuat sebuah gambaran mengenai usaha apa yang akan mereka buka sesuai dengan prodi masing-masing.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar