Ilustrasi susu kefir. Foto: google.com
Ilustrasi susu kefir. Foto: google.com

Jakarta, MNEWS.co.id – Kefir, susu fermentasi yang menyerupai yoghurt, mengandung bakteri probiotik yang lebih banyak dibandingkan produk fermentasi lainnya. Kandungan asam dalam kefir ternyata memiliki banyak khasiat.

Kandungan mineral dan asam amino esensial yang terdapat pada susu kefir, berfungsi sebagai unsur pembangun, pemelihara, dan memperbaiki sel yang rusak. Terbuat dari susu yang difermentasi dengan Kefir Grains, kefir mengandung lebih dari 60 jenis bakteri dan ragi yang bermanfaat.

Susu kefir ternyata bisa menyembuhkan diabetes, karena kandungannya bisa memicu produksi sel pankreas yang menghasilkan insulin. Selain itu, susu kefir juga baik untuk pencernaan dan metabolisme, membuat tidur lebih nyenyak, dan detoksifikasi. Kandungan tryptophan dalam kefir dapat membantu saraf lebih rileks, dan mengurangi sekresi asam lambung.

Hera Hermaini, pendiri Asosiasi Peternak se-Jawa Barat, merupakan salah satu pelaku UMKM dengan produk kefir yang cukup variatif. Tidak hanya susu, Hera juga memproduksi kosmetik menggunakan bahan kefir murni dalam bentuk masker, sabun, lulur, krim malam dan face lotion. Dengan pegawai berjumlah 6 orang, Hera memproduksi sendiri olahan kefirnya di rumah yang diberi nama “SOOGEH”.

Hera Hermaini pemilik SOOGEH
Hera Hermaini, pelaku UMKM Susu Kefir. Foto: (doc/Hera Hermaini)

“Saya usaha susu kefir dari 5 tahun yang lalu, awalnya saya diperkenalkan kefir dari balai Kementerian Pertanian. Ternyata ada produk peternakan yang bakteri probiotiknya jauh lebih banyak daripada yoghurt. Saya merasakan manfaatnya bagus sekali untuk diminum anak-anak maupun orang dewasa,” ujar Hera.

Menurut Hera, tidak ada efek samping dari konsumsi susu kefir. Dosis yang dianjurkan untuk rutin meminum susu kefir adalah 150 cc pada pagi dan malam hari. Susu kefir juga harus disimpan di lemari pendingin agar tidak cepat kedaluwarsa.

“Kefir itu minuman segar dan tidak ada overdosisnya, tapi lebih baik apapun yang kita minum disiplin,” jelasnya.

Tidak hanya susu dan produk kecantikan, Hera juga mengolah kefir berupa whey protein (kefir bening), kefir kolostrum, kefir kesuma bangsa (minuman kesehatan susu dan madu), serta minuman kefir aneka rasa dengan rumput laut.