(image: pesona.travel)
(image: pesona.travel)

Anyer, MNEWS.co.id – Belum banyak yang mengetahui jika dari ujung barat Pulau Jawa kita juga bisa menemukan batik-batik cantik khas Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Batik Anyer memang belum sepopuler ‘saudara-saudaranya’ dari Yogyakarta, Solo, Cirebon, Pekalongan atau Lasem, tapi tak kalah unik untuk dibawa pulang sebagai cindera mata.

Batik Anyer tidak jauh berbeda dengan batik-batik yang ada di daerah lain, yang membedakan hanya motifnya saja yang dengan mengedepankan kearifan dan kekayaan lokal. Saat ini, Batik Anyer telah memiliki 14 motif yang menggambarkan kekayaan lokal Anyer dan Kabupaten Serang. Beberapa motif yang dapat ditemui dari batik Anyer antara lain seperti Motif Mercusuar, Tugu Nol Kilometer, Golok Ciomas, Karang Bolong, Pendopo Bupati, ikan, laut, dan juga motif-motif yang lainnya.

Perkembangan batik Anyer memang terhitung masih baru. Untuk memberikan wadah dan mendorong semakin berkembangnya batik di wilayahnya, pemerintah Kabupaten Serang pun baru-baru ini memfasilitasi kota ini dengan sentra perajin batik.

Ada beberapa desa yang menjadi sentra batik di pesisir utara di ujung barat pulau Jawa ini. Selain berada di Kampung Kedaung, Desa Anyar, Kecamatan Anyer, sentra perajin batik Anyer juga berada di Kramatwatu dan di Waringin Kurung. Kini Batik Anyer bisa menjadi souvenir atau oleh-oleh wisatawan yang berlibur ke kawasan pantai-pantai Anyer.

Tak hanya belanja, di sentra batik ini, bahkan wisatawan juga bisa belajar dan mencoba cara membatik. Mirip di sentra batik kota lain, di Anyer, ada batik tulis yang proses pembuatannya sampai tiga minggu, batik cap yang pembuatannya diperlukan waktu tiga hari, dan batik printing yang bisa dibuat dalam satu hari.

 

Dilansir dari: Pesona Indonesia