UKM Binaan Dari BUMN Berhasil Mengikuti Pameran Kopi dan Coklat di Afrika

Rasti R | 02 Agustus 2019, 16:17 WIB

Karawang, MNEWS.co.id - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor perdagangan yang paling banyak disentuh oleh pemerintah untuk upaya pengembangan. Eko Setiawan selaku Kepala Bidang Kebijakan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Kementerian BUMN RI mengatakan bahwa saat ini sektor bisnis UMKM merupakan yang paling optimal dalam proses pengembangan dan pengembalian.

Salah satunya adalah PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC)  berhasil mengirimkan salah satu pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang merupakan mitra binaannya berhasil memamerkan kopi asal Sumedang yang ditampilkan pada Pameran Kopi dan Coklat  Afrika 2019 di Johannesburg, Afrika Selatan. Mereka telah mengklaim bahwa telah berhasil membina para pelaku UMKM yang telah tersebar di beberapa wilayah di Jawa Barat, dan terbukti saat ini UMKM hasil binaan BUMN tersebut berkembang cukup pesat yang mayoritas bergerak disektor usaha makanan serta minuman yang berbahas dasar dari hasil pertanian.

Dikutip dari Antara News " Kami akan terus mendorong kemajuan para pelaku UKM khususnya yang menjadi mitra binaan perusahaan," ujar Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pupuk Kujang Ade Cahya, dalam siaran pers yang diterima di Kabupaten Karawang pada Kamis (01/08/19).

Pameran Kopi dan Coklat  Afrika 2019 yang diselenggarakan oleh pemerintahan Afrika Selatan ini telah diikuti oleh peserta sebanyak 230 yang diantaranya berasal dari industri hospitality, coffee maker, manufacturer, serta restoran yang berasal dari berbagai negara. 

Ade Cahya Kurniawan selaku Manajer Komunikasi PT Pupuk Kujang Cikampek mengatakan bahwa bersyukur produk PT PKC bisa turut berkontribusi untuk pameran yang diadakan setiap tahunnya tersebut. Dan yang diikutsertakan dalam pameran tersebut yaitu pelaku UMKM Ai Awang Hayati pemilik brand kopi Geulis asal Sumedang. 

Dalam keikutsertaannya Kopi Geulis dalam pameran tersebut PT Pupuk Kujang berharap, mampu memacu semangat para pengusaha UMKM yang dibina lainnya agar terus belajar serta meningkatkan kemampuan dan kualitas produknya. Dan saatnya kini para pelaku UMKM dapat berlomba untuk meningkatkan kualitas produk agar dapat bersaing dalam ekonomi baik pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Ai Awang selaku pemilik "Kopi Geulis" menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Pupuk Kujang karena telah memberikan kesempatan dirinya dapat mengikuti pameran tingkat dunia tersebut. 

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar