Bir Pletok Betawi
Bir pletok, minuman khas Betawi. (Foto: Pegipegi)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang dikenal dengan berbagai khasiatnya bagi tubuh. Mulai dari penambah stamina, meningkatkan imun tubuh, meredakan nyeri, menghangatkan tubuh, serta memperlancar peredaran darah.

Mat Roji adalah salah satu warga Jakarta yang suka sekali dengan minuman bir pletok. Dari kesukaannya tersebut serta terinspirasi dari banyaknya manfaat yang didapat dari bir pletok, tumbuh keinginan untuk melestarikan dan menaikkan kembali nama dari minuman khas Betawi ini. Inilah yang menjadi awal berdirinya usaha bir pletok Bang Mat Roji dengan nama Bir Pletok Seniman’s.

Nama Seniman’s sendiri merupakan singkatan dari ‘seger nikmat mantap sehat’ untuk menggambarkan rasa dari produk minuman bir pletok buatannya.

Bang Mat Roji terus mempelajari mengenai bahan-bahan untuk membuat bir pletok. Beliau juga belajar dari anaknya yang sekolah di SMK Farmasi. Terdapat tujuh bahan dasar yang digunakan dalam produknya, antara lain kapulaga, jahe merah, sereh, secang, cengkeh, pandan, dan daun jeruk.

Produk Bir Pletok Seniman’s.

Bang Mat Roji memasarkan produk bir pletoknya secara konsinyasi di warung masakan Betawi sekitar daerah Cakung. Beliau juga bergabung dengan komunitas pelaku UMKM untuk mendapatkan pembekalan ilmu kewirausahaan dan digitalisasi.

Kini, Bang Mat Roji pun telah memasarkan produknya secara online melalui WhatsApp, Instagram, dan aplikasi jasa pesan antar makanan.

Selain bir pletok, Bang Mat Roji berinovasi untuk membuat varian produk lain seperti minuman lemon sereh, kunyit asam, dan naga sehat.

Sama seperti pelaku UMKM lainnya, masa pandemi ini cukup berdampak bagi usaha Bang Mat Roji. Untuk menyiasatinya, Ia mengatur ulang manajemen karyawannya dan ikut serta menjadi pemasok minuman di kegiatan vaksinasi kecamatan.

Walaupun pandemi ini membawa tantangan yang berat bagi pelaku UMKM, tapi Bang Mat Roji tetap semangat dan tidak menyerah dalam melestarikan minuman bir pletok melalui produknya.

“Seriuslah dalam berwirausaha. Jangan mudah menyerah. Terus belajar dan jangan malu bertanya. Berinovasi itu adalah hal yang sangat penting,” pesan Bang Mat Roji kepada sesama pejuang UMKM.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here