KADO, Film Pendek Karya Sineas Indonesia Menang di 75th Venice International Film Festival 2018

Regina Mone | 11 September 2018, 06:45 WIB

Jakarta, MNews.co.id - Film pendek berjudul KADO karya sutradara muda Indonesia, Aditya Ahmad meraih penghargaan Orrizonti untuk kategori Film Pendek Terbaik pada ajang 75th Venice International Film Festival 2018. Berita membanggakan bagi dunia perfilman Indonesia ini dikabarkan oleh Mira Lesmana yang memproduseri film pendek tersebut bersama Riri Riza melalui akun Instagram-nya.

Aditya merupakan satu-satunya sineas Indonesia yang berlaga di Festival Film Internasional Venice ke-75 itu. Karya pemuda kelahiran Makassar tahun 1989 ini bersaing dengan 12 film pendek dari berbagai negara dalam kompetisi tersebut. Dalam malam penganugerahan di Palazzo del Cinema di Venezia, Lido, Italia, Sabtu (8/9/2018), Aditya menerima trofi penghargaan Orizzonti dari kritikus film Perancis dan Direktur Cinematheque Française, Frederic Bonnaud.

Dari keterangan tertulis Miles Films, KADO merupakam film pendek berdurasi 15 menit. Bercerita tentang Isfi yang bersemangat menyambut ulang tahun Nita. Untuk dapat menyiapkan kado istimewa di kamar Nita, Isfi harus mengenakan rok panjang dan hijab.  Isfi merupakan teman lama Aditya sekaligus pemeran utama dalam film pendeknya yang lain, Sepatu Baru (2014).

Aditya terinspirasi membuat KADO ketika kembali bertemu Isfi yang kini sudah beranjak remaja. “Saya bisa merasakan betul keresahan Isfi yang selalu merasa beda atau dibedakan di lingkungannya. Saya ingin bercerita tentang pergulatan remaja seperti Isfi dalam menemukan identitasnya," kata Aditya dalam keterangan tertulisnya.

KADO bukanlah apresiasi internasional pertama Aditya. Film pendeknya, Sepatu Baru yang merupakan tugas akhirnya di Institut Kesenian Makassar, meraih penghargaan Special Mention untuk kategori Generation Kplus di Festival Film bergengsi Berlinale (Berlin International Film Festival) 2014. Ia juga meraih predikat Sutradara Film Pendek Asia Tenggara Terbaik di Festival Film Internasional Singapura 2014.

Tentang Penulis
Regina Mone
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar