Chef Renatta sedang memasak makanan sehat. (Foto: Instagram/renattamoeloek)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di masa pandemi seperti ini, makanan bergizi dan nutrisi yang cukup menjadi salah satu prioritas utama sebagian besar masyarakat. Menjaga asupan makanan juga penting karena selain membuat tubuh tetap bugar, juga bisa membuat suasana hati lebih menyenangkan.

Chef Renatta Moeloek mengatakan bahwa memasak menu makanan sehat itu tidak susah, asalkan tahu trik pengolahannya sehingga kandungan nutrisinya tetap maksimal dan tidak hilang ketika dimasak. Yuk, simak lima tips memasak makanan sehat ala chef Renatta seperti dilansir Antara.

1. Batasi kandungan lemak
Kurangi penggunaan minyak dan mentega agar makanan jadi rendah lemak. Gunakan alat masak yang mendukung, seperti non-stick cookware sehingga tidak perlu mengoleskan mentega atau menggunakan minyak terlalu banyak ketika memasak.

Jika harus menggunakan minyak atau mentega, siasati dengan menggunakan spray atau diaplikasikan dengan kuas kue. Anda juga bisa memasak menggunakan air, ataupun kaldu dan mengganti penggunaan krim dengan susu rendah lemak.

2. Pilih bahan dasar tinggi protein
Protein merupakan salah satu zat penting untuk tubuh karena dapat membantu proses regenerasi sel-sel tubuh yang rusak. Selain itu, memperbanyak asupan protein juga salah satu cara meningkatkan hormon dopamine, atau hormon pengendali emosi, sehingga kita bisa merasa lebih senang dan bahagia. Jadi selain sehat, mengonsumsi makanan tinggi protein juga bisa berpengaruh pada mood kita.

3. Pertahankan nutrisi sayuran
Sayuran mengandung banyak vitamin yang mudah larut dalam air sehingga mudah hilang dalam persiapan memasak. Untuk mempertahankan kandungan nutrisinya, kukus atau gunakan microwave saat mengolah sayur, dibandingkan dengan direbus. Kalau lebih suka merebus, gunakan sedikit air dan hindari sampai mendidih. Pengolahan dengan cara ditumis akan lebih baik untuk mempertahankan kesegaran dan nutrisinya.

4. Kukus, panggang, dan rebus
Mengolah dengan cara mengukus memanggang dan merebus adalah alternatif yang bisa dipilih jika ingin membuat makanan lebih sehat. Selain mempertahankan nutrisi yang terkandung di dalam masakan, pengolahan dengan cara ini pun juga cenderung lebih rendah lemak dibandingkan dengan menggoreng karena tidak menggunakan minyak yang berlebihan.

5. Gunakan garam secukupnya
Mengonsumsi garam berlebihan bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Chef Renatta mengungkap cara menguranginya, mulai dari memilih sayuran segar dibandingkan kalengan, mengurangi daging yang sudah diproses seperti kornet ataupun smoked salmon, pasta atau sup instan.

Untuk Anda yang hobi memasak di rumah, pastinya senang jika bisa bereksperimen membuat makanan yang enak, dan aman dikonsumsi.