Ilustrasi

Jakarta, MNEWS.co.id – Wonderful Startup Academy, program inkubasi usaha rintisan (startup) pariwisata pertama Indonesia kembali digelar. Di batch kedua kali ini, para pelaku startup berkesempatan untuk mengikuti pelatihan secara intensif, dan mengembangkan usaha pariwisatanya dengan para penanam modal.

Wonderful Startup Academy adalah program pengembangan startup business yang bergerak pada sektor pariwisata di Indonesia, hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dan ICSB Indonesia. Salah satu tujuannya, menciptakan ekosistem agar Indonesia menjadi destinasi wisata utama mancanegara.

Syaratnya, peserta yang terpilih harus sudah berpengalaman menjalankan usahanya selama 2 tahun sehingga lebih memahami proses bisnisnya, memiliki traksi yang cukup baik serta proses seleksi yang melibatkan venture capital.

Wonderful Startup Academy mencakup beberapa proses penting untuk perkembangan sebuah startup, seperti mentoring dari berbagai narasumber yang kompeten dan berbagi informasi tentang pariwisata Indonesia. Tak kalah pentingnya, program ini juga memberikan akses kepada para startup untuk menjalin kerjasama dengan para investor serta membuka akses pasar dengan pelaku bisnis pariwisata Indonesia dengan dukungan Kementerian Pariwisata Indonesia.

Jadwal seleksi program Wonderful Startup Academy batch 2. Foto: Wonderful Startup Academy.

Peserta akan memperoleh mentoring by business expert, pembinaan dari para mentor yang berasal dari kalangan pelaku bisnis, pemerintahan, dan akademisi yang sangat mengerti dunia startup dan industri kecil menengah yang berfokus pada sektor pariwisata, di antaranya Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga, Hermawan Kartajaya Founder & Chairman MarkPlus, Madeleine Ong De Guzman Head of Industry Google dan masih banyak lagi. Peserta juga akan mendapatkan berbagai macam pengetahuan dari sesi yang diisi oleh para CEO perusahaan ternama di Indonesia.

Selain itu, peserta akan memperoleh network and market access pada sektor pariwisata yang difasilitasi oleh Kementerian Pariwisata, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah serta ICSB Indonesia. Dan berkesempatan mengikuti kunjungan ke kawasan industri usaha kecil menengah dan berbagai objek wisata di Indonesia.

Kemudian, peserta juga bakal memperoleh berbagai fasilitas secara cuma-cuma di Co-Working Space dan bertemu dengan para investor. Program ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Berikut syarat untuk menjadi peserta Wonderful Startup Academy

  • Anggota dari startup harus berstatus WNI (Warga Negara Indonesia).
  • Diutamakan bagi startup yang telah memiliki pelanggan/pengguna/traction.
  • Startup yang mengikuti program ini harus berfokus pada sektor pariwisata.
  • Bertanggung jawab penuh atas kinerja bisnis mulai dari dari ide, produksi, hingga marketingnya.
  • Berkomitmen mengikuti program Wonderful Startup Academy sampai jadwal yang telah ditentukan.
  • Panitia tidak menyediakan akomodasi selama program berlangsung.

Daftar segera di SINI.