Ilustrasi aplikasi Whatsapp. (Foto: Pexels/Anton)

Jakarta, MNEWS.co.id – Dalam membantu pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), WhatsApp dan UKM Indonesia merilis chatbot Pasar JuWAra.

Pasar JuWAra merupakan program WhatsApp untuk mempermudah konsumen dalam belanja langsung ke pedagang di pasar tradisional terdekat.

Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, Esther Samboh menjelaskan bahwa chatbot Pasar JuWAra merupakan direktori berbasis Application Programming Interface (API).

“Kami sangat senang dapat meluncurkan chatbot direktori berbasis API sebagai kelanjutan dari rangkaian program ‘Pasar JuWAra’ untuk memastikan upaya digitalisasi UMKM tidak hanya berhenti di pelatihan WhatsApp Business dan pameran virtual saja,” kata Esther.

Program WhatsApp bersama UKM Indonesia sudah melatih sebanyak 1.130 pedagang dari 66 pasar tradisional yang tersebar di 25 kota di Indonesia. Bahkan, program ini sudah dimulai sejak April lalu, dan melatih para pedagang pasar tradisional dalam menggunakan WhatsApp Business.

Para konsumen bisa menggunakan Pasar JuWAra dengan mengirim pesan chat ke nomor 087775313357, seperti kirimkan “hai” maka chatbot akan memandu penggunaannya. Kemudian, secara otomatis pengguna bisa melihat daftar pedagang di pasar tradisional beserta nomor WhatsApp Businessnya.

Tidak hanya itu, kelebihan lain yakni pengguna bisa mencari pedagang yang sesuai dengan kategori produk dan lokasi terdekat. Sebelumnya, menurut pihak WhatsApp Indonesia bahwa akibat pandemi omset pedagang pasar tradisional turun hingga 40 persen.

Pihaknya yakin dengan Program Pasar JuWAra bisa membantu pedagang pasar tradisional dalam berjualan secara online, tanpa pembeli datang langsung ke pasar. Dalam hal ini WhatsApp berencana untuk memasukan lebih banyak lagi pedagang ke direktori Pasar JuWAra.