Upaya Perum Jamkrindo Memajukan UMKM Indonesia

Rasti R | 29 November 2019, 18:20 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) memberikan penghargaan kepada para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), melalui UMKM Appreciation Awards dan Festival UMKM yang bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada UMKM terjamin Perum Jamkrindo. Kegiatan ini dilaksanakan sekaligus untuk menguatkan peran dan fungsi Perum Jamkrindo sebagai satu-satunya BUMN di bidang penjaminan UMKM.

Festival UMKM ini diharapkan bisa terus digelar dalam rangka mendorong peningkatan dan pengembangan pelaku UMKM. Gelaran ini dimeriahkan dengan berbagai produk UMKM yang bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Pelaku UMKM yang ikut serta dalam festival ini berjumlah 87 booth pameran. Produk-produk yang dipamerkan terdiri dari produk fashion, kosmetik, makanan ringan, minuman, makanan besar, kemudian juga produk dari mitra Jamkrindo, serta komunitas UMKM.

Kegiatan ini juga berisi kelas bisnis (business insight class), one-on-one coaching, booth perizinan usaha, kompetisi video pendek bertemakan "Social Impact UMKM", serta berbagai lomba bagi anak-anak seperti lomba mewarnai, youth mini soccer dan gobak sodor.

Peresmian aplikasi dan situs web marketplace umkmlayak.co.id yang dilakukan oleh Randi Anto Direktur Utama Perum Jamkrindo, bersama Amin Mas’udi Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo dalam acara UMKM Appreciation Awards dan Festival UMKM, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (29/11/19). (Foto: MNEWS)

Perum Jamkrindo juga menyelenggarakan Seminar Economic Outlook 2020 yang bertajuk “Strategi Penguatan Kapabilitas SDM UMKM di Era Digital dan Persaingan Global”. Kegiatan ini diadakan di Hotel JS Luwansa Jumat (29/11/19) dengan para narasumber antara lain Fadjar Hutomo selaku Deputi Akses Permodalan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ira Damayanti selaku perwakilan Diaspora Network Indonesia United, Ismail Fahmi selaku CEO Media Kernels Indonesia, serta Amin Mas’udi Direktur Bisnis Penjaminan Perum Jamkrindo.

Yuana Sutyowati, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, dalam pembukaan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata untuk membantu para UMKM agar bisa naik kelas. Menurutnya, saat ini pelaku UMKM masih membutuhkan pelatihan-pelatihan guna mengembangkan usaha bisnisnya.

"Pameran seperti ini, bisa mereka manfaatkan untuk memperluas networking. Selain itu, Adanya sinergi antara BUMN untuk terus mendorong para UMKM tersebut, sehingga nantinya bisa menjadi motor perekonomian pada bangsa ini," kata Yuana dalam pembukaan UMKM Appreciation Awards dan Festival UMKM, di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Jumat (29/11/19).

Pada penutup acara, Jamkrindo meluncurkan aplikasi dan situs web marketplace guarantee bernama UMKM Layak yang merupakan bentuk inovasi perusahaan untuk meningkatkan aksesibilitas finansial UMKM dan koperasi. Platform ini bertujuan mempermudah UMKM mendapatkan modal dari lembaga keuangan mitra Jamkrindo.

Aplikasi ini dapat diakses melalui laman umkmlayak.co.id dan berfungsi menjadi alat analisa kelayakan usaha UMUM sekaligus mempertemukan UMKM layak kredit dengan lembaga keuangan penyalur kredit. Pelaku UMKM hanya perlu mendaftarkan diri dan data usaha di situs web UMKM Layak tersebut.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar