Ilustrasi. Foto: Pixabay
Ilustrasi. Foto: Pixabay

Jakarta, MNEWS.co.id – Memasuki era digital, segala hal memungkinkan untuk dikendalikan dari segala tempat melalui jaringan internet. Hal ini kian memudahkan mobilitas manusia dalam kegiatan sehari-hari termasuk dalam dunia bisnis khususnya dalam bidang ekonomi kreatif.

Dunia memang terus bergerak ke arah ekonomi digital dengan maraknya penggunaan email,  website, aplikasi, pengelolaan produk secara online, serta transaksi online. Tak terkecuali Indonesia yang terus menajamkan taringnya dalam kancah perekonomian global.

Tumbuhnya ekonomi Indonesia dipastikan menjadi perhatian negara-negara besar di dunia. Perhatian itu khusus diberikan dalam konteks ekonomi digital. Hal tersebut disampaikan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara saat menghadiri 7th Annual Jakarta Marketing Week 2019 di Atrium Mall kota Kasablanka, Jakarta, beberapa hari lalu.

“Indonesia sekarang menjadi perhatian negara-negara di dunia, dalam konteks ekonomi digital,” kata Menteri Rudiantara. Beliau menjelaskan pesatnya ekonomi digital di Indonesia dikarenakan banyaknya ratusan startup yang berkembang setiap tahunnya. “Mengapa? Kita punya empat Unicorn, salah satunya adalah Decacorn. Jadi pemerintah mendorong tumbuhnya startup-startup baru, terutama di bidang teknologi startup,” tambahnya.

Menteri Rudiantara menyatakan pemerintah selalu berupaya mendorong terbentuknya startup-startup baru milik generasi muda. Bahkan, tidak hanya difasilitasi, pemerintah juga terus melakukan akselerasi agar kedepannya para Startup menjadi Unicorn baru di Indonesia.

“Kita membangun terus infrastruktur digital, terutama di daerah-daerah yang dianggap tidak layak secara bisnis. Mudah-mudahan bisa kita manfaatkan untuk memberikan gambaran peluang bagi kita di masa yang akan datang,” tuturnya.