Partini (51), pelaku UMKM produsen gula kacang di Salatiga, Jawa Tengah. (Foto: ANTARA/Ist)

MNEWS.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berbagi kiat sukses berbisbinis kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia agar mereka optimis menghadapi tantangan resesi perekonomian global.

Hal ini disampaikan Sandiaga dalam Webinar Business Mentoring Class Tanya Expert bertema ‘Jurus Jitu Bisnis Bisa Cuan Di 2023’.

“Hari ini kita akan bahas jurus jitu bisnis bisa cuan di tahun 2023, tentunya ini perlu kita sikapi dengan global resesi Indonesia yang masih bertumbuh. Oleh karena itu tema ini menjadi sangat spesial,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Selasa (6/12/2022).

Terkait kestabilan dan kesiapan bagi pelaku UMKM dalam menghadapi resesi ekonomi di tahun 2023 di tengah tantangan ekonomi, Sandiaga mengatakan pelaku usaha dapat menghadirkan sektor unggulan. Dikarenakan perubahan perilaku konsumen yang akan tetap membeli produk berkualitas sesuai kebutuhan.

“Pesan kepada pelaku usaha, yaitu tiga sektor unggulan yang saya rekomendasi, pertama semua yang berkaitan dengan digitalisasi. Kedua fokus di kesehatan. Ketiga semua akan fokus pada kelestarian lingkungan hidup yang akan memberikan dampak secara signifikan,” tutur Sandiaga dilansir MNEWS.co.id dari detik.com.

Sandiaga mengatakan jika di tahun 2023 UMKM dapat berperan dalam membantu mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka lapangan kerja baru bagi Bangsa Indonesia. Ia pun menjelaskan pelaku usaha perlu memiliki konsep ‘3Si’ dalam mengembangkan daya beli masyarakat.

“Saya menyarankan ‘3Si’ inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” sambungnya.

Sandiaga mengungkapkan jika tahun 2023 berpeluang dalam menaikkan UMKM bukan hanya mengenai cuan, tetapi bisa menghadirkan peluang usaha serta lapangan kerja bagi bangsa Indonesia.