Ilustrasi UKM Perikanan. (Foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)
Ilustrasi UKM Perikanan. (Foto: Pexels/Quang Nguyen Vinh)

Malang, MNEWS.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jhony Haryono mengatakan, bahwa  seluruh pelaku usaha harus mau berubah dan mengikuti perkembangan zaman salah satunya adalah usaha kecil dan menengah (UKM) Perikanan.

”Perkembangan zaman harus kita ikuti. Industri kelas besar seperti industri mobil saja selalu mengikuti keinginan pasar, maka kita juga harus melakukan hal serupa,” kata Jhony dalam kegiatan Optimalisasi Daya Saing UKM Perikanan di Era Industri 4.0 yang digelar Inkubator Mina Bisnis Swalayan Ikan di Ruang Pertemuan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Malang, Minggu (8/12/19).

Jhony menjelaskan selama ini UKM masih kesulitan dalam mempertahankan kualitas produk, kemasan yang kurang menarik, hingga kurangnya penyesuaian terhadap perubahan pasar. ”Produk boleh tradisional, tapi penyajian harus kekinian. Sehingga kita bisa bersaing dengan produk industri besar,” jelasnya.

Jhony berharap, pelaku UKM di Kota Malang mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Apalagi Kota Malang saat ini sudah memiliki Inkubator Mina Bisnis Swalayan Ikan Malang yang bisa melakukan pendampingan terhadap UKM.  Terutama dalam memberi pembinaan kepada para pelaku UKM Perikanan.

”Tujuannya adalah mendorong produk yang dihasilkan mampu menyesuaikan diri dengan permintaan pasar.

Beberapa tugas yang harus dikerjakan oleh Inkubator Mina Bisnis Swalayan Ikan Malang itu di antaranya adalah pembinaan terhadap pelaku UKM perikanan untuk meningkatkan kualitas produk, pembinaan dalam hal pemasaran, hingga permodalan. 

Sementara itu, Manager Inkubator Mina Bisnis Swalayan Ikan Malang Widyarta Mega Paramita mengungkapkan, beberapa program untuk mendukung dan meningkatkan daya saing UKM perikanan sudah direncanakan. Seperti peningkatan kapasitas, serta pembinaan tenant sebagai UKM binaan Inkubator Bisnis Swalayan Ikan, maupun pengembangan lembaga inkubator.

Untuk meningkatkan pembinaan terhadap tenant, lanjut Widya, pihaknya tengah melakukan pemetaan terhadap UKM yang layak untuk diinkubasi. Selain itu, juga sedang dipersiapkan pembentukan koperasi untuk menopang kegiatan bisnis Inkubator Bisnis Swalayan Ikan.

”Melalui pelatihan kali ini, kami harapkan pelaku UKM perikanan di Kota Malang dapat semakin berkembang,” ungkap Jhony.