Ilustrasi membangun usaha. (Foto: Shutterstock)

Jakarta, MNEWS.co.id – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah, dan tak jarang banyak orang memanfaatkan momen ini untuk mencari peluang usaha.

Bulan Ramadan juga membuka berbagai peluang bisnis yang bisa dicoba guna menambah pundi-pundi pendapatan. Namun, berbagai peluang usaha di bulan Ramadan tersebut banyak yang sifatnya hanya sementara. Artinya, barang yang dijual hanya akan memiliki banyak peminat pada saat bulan puasa hingga menjelang hari raya Lebaran saja.

Kira-kira apa saja hal yang  perlu disiapkan dan diperhatikan dalam berbisnis musiman di tengah pesatnya persaingan bisnis tahun ini? Dikutip dari Cermatin, berikut ini tips mempersiapkan usaha menjelang bulan Ramadan.

  • Cari Tahu Produk yang Sedang Laris
    Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah menentukan jenis bisnis dan produk dagangan. Ada beberapa contoh ide jenis bisnis yang bisa dijadikan pilihan di bulan puasa, di antaranya bisnis makanan takjil, katering buka puasa dan sahur, busana muslim, alat-alat ibadah, kurma, dan lain sebagainya.
  • Gencar memberikan promosi secara online
    Pelaku usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi, tidak terkecuali menjelang bulan Ramadan.  Hal ini menjadi penting sebab momen Ramadan ini terhitung singkat. Jadi, dengan semakin gencar promosi yang dilakukan, maka semakin besar pula produkmu diketahui oleh masyarakat.
  • Siapkan modal yang cukup
    Selanjutnya, yang menjadi hal penting ialah menyiapkan modal yang cukup agar bisnis yang Anda jalankan bisa berjalan lancar serta stok barang aman dan pelanggan puas.
  • Maksimalkan Usaha Agar Bisnis Menuai Banyak Berkah
    Membangun bisnis saat Ramadan pastinya akan bertemu dengan banyak pesaing. Namun Anda tak perlu khawatir, fokuslah untuk selalu memaksimalkan usaha dan teruslah melakukan yang terbaik. Jangan lupa untuk senantiasa selalu berinovasi, menjaga kualitas dan modal usaha.

Meskipun sebentar, bisnis selama bulan Ramadan memiliki potensi keuntungan yang sangat menjanjikan karena daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat secara umum meningkat. Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan dengan baik momen Ramadan tahun ini untuk berbisnis. Kuncinya, Anda harus berusaha melakukannya dengan sungguh-sungguh dan memiliki strategi bisnis yang tepat supaya hasilnya maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here