Ilustrasi Tampilan Aplikasi Tokopedia. (Foto: Tokopedia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Tokopedia baru saja mengadakan  Tokopedia Play Fest secara virtual melalui video streaming Tokopedia Play, Senin (17/8/20). Kegiatan digelar untuk merayakan hari jadi ke-11 Tokopedia, serta memperingati HUT ke-75 RI yang jatuh di tanggal sama.

Tokopedia Play Fest menghadirkan beberapa rangkaian acara, salah satunya yaitu talk show bersama para pembicara inspiratif yang bertajuk ‘Find Your New Spirit During a Pandemic’. Beberapa narasumber yang berasal dari para pegiat UMKM lokal inspiratif yaitu, Omar Karim Prawiranegara selaku pemilik Dua Coffee, Dewanti Amalia Artasari, pemilik Dewa Collection, serta pendiri Jakcloth yakni Ucok Nasution. Kegiatan ini dibawakan langsung oleh Daniel Mananta, selaku Host dan Pendiri Damn! I Love Indonesia.

Omar Karim Prawiranegara, pemilik Dua Coffee mengataka saat ini penjualan secara daring (online) kini menjadi tulang punggung bisnis di tengah pandemi. Sekitar 80 persen penjualan produk Dua Coffee, seperti biji kopi hingga kopi literan, datang dari Tokopedia. Dua Coffee juga berinovasi menghadirkan produk makanan siap saji dan cemilan.

Sementara itu, Dewanti Amalia Artasari, pemilik Dewa Collection mengatakan dengan memanfaatkan platform e-commerce untuk berjualan, pelaku usaha dapat terbantu untuk tetap bertahan salah satunya menggunakan Tokopedia. Bahkan Ia harus menambah karyawan untuk memenuhi lonjakan pesanan online di tengah pandemi, yang mencapai lebih dari lima kali lipat.

Dalam kesempatan yang sama, Ucok selaku Pendiri Jakcloth, sudah dua kali menggelar bazar fesyen lokal virtual di Tokopedia. Ucok berharap, kolaborasi antara bisnis offline dan online seperti ini bisa membantu membangkitkan perekonomian Indonesia, salah satunya lewat industri fesyen lokal.

Nuraini Razak, VP of Corporate Communications Tokopedia mengatakan, pihaknya akan selalu konsisten memberikan ruang untuk para pelaku usaha brand lokal, dan salah satunya melalui Tokopedia Play Fest ini. Tokopedia ingin lebih banyak masyarakat yang bangga dengan produk buatan Indonesia.

“Kami juga berharap semakin banyak UMKM yang tergerak memanfaatkan teknologi demi mempertahankan bisnis sekaligus berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi yang saat ini terdampak pandemi,” katanya.