Tips Memanfaatkan Digital Marketing untuk Para Wirausaha Muda

Rasti R | 21 Agustus 2019, 16:38 WIB

Jakarta, MNEWS.co.id - Digital Marketing atau pemasaran online tentu saja memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau para target konsumen secara cepat, tepat dan lebih luas. Selain itu digital marketing juga menjadi lebih efektif dan efisien khususnya untuk penggunaan dana iklan dalam kepentingan usaha atau bisnis.

Malinda Martha selaku Digital Marketing and E-commerce Executive ADX Asia mengungkapkan bahwa saat ini para konsumen semakin sering maksudnya adalah 70% waktu yang mereka gunakan dari mulai bangun tidur hingga kembali tidur lebih banyak dihabiskan untuk berada di luar rumah dan juga tidak terlepas dengan dunia digital.

Rata-rata orang dewasa menghabiskan waktu mereka lebih dari 2 jam dalam sehari untuk menggunakan media sosial, sementara remaja membutuhkan waktu 9 jam dalam sehari untuk mengakses media sosial. 

"Dalam menggunakan  digital marketing ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu lokasi kita sekarang, apa yang kita inginkan, realita apa yang ada saat ini, dan bagaimana cara agar kita bisa mencapai apa yang kita mau," ujar Malinda dalam acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda di Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (20/8).

Malinda Martha, Digital Marketing and E-commerce Executive ADX Asia dalam acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda, di Ruang Teater Gedung Kemenpora, Jakarta, Selasa (20/8). Foto: (doc/MNEWS)

Malinda juga menjelaskan bahwa untuk mencapai hal tersebut khususnya para pembisnis harus memperhatikan kekuatan produk (Strengths), kelemahan produk (Weakness), peluang produk (Opportunities), dan ancaman dari produk (Threats). 

Selain itu Malinda juga membagikan tips agar smart dalam menggunakan memanfaat digital untuk bisnis, pertama adalah Specific dalam membuat tujuan harus mengetahui siapa yang terlibat, target yang dicapai, dimana dan kapan target akan dicapai, dan mengapa menetapkan tujuan dari target tersebut. Kedua yaitu Measurable maksudnya adalah hal yang ingin dicapai haruslah bisa diukur, misalnya seberapa kuat, seberapa sering, seberapa banyak, dan lainnya.

Ketiga adalah Achievable, harus menentapkan tujuan yang realistis dan dapat dicapai, sementara yang keempat  Realistic yaitu harus membuat tujuan yang relevan dan jangan menyulitkan diri anda dengan tujuan tersebut. Dan terakhir adalah Time Based yaitu harus bisa menetapkan kapan tujuan tersebut harus dicapai, apakah minggu depan, tahun depan, atau lima tahun lagi?. Dengan adanya batasan waktu maka akan terpacu untuk segera memulai melakukan tindakan.

Sebagai penutup, Malinda juga menjelaskan bagaimana menggunakan instagram, facebook, youtube, dan email sebagai media digital untuk dimanfaatkan oleh para peserta acara Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2019 yang baru ingin memulai usahanya.

Tentang Penulis
Rasti R
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar