Pembukaan Ajang Jawara UMKM 2018 Bank BJB. Foto: Bank BJB.
Pembukaan Ajang Jawara UMKM 2018 Bank BJB. Foto: Bank BJB.

Bandung, MNEWS.co.id – Babak final ajang Jawara UMKM 2018 yang diselenggarakan oleh Bank BJB di Ciumbeuleuit, Kota Bandung, akhirnya menetapkan tiga pengusaha sebagai juara. Ketiga pengusaha ini dinilai memiliki bisnis yang kokoh dan memiliki prospek jangka panjang.

Pemenang pertama Jawara UMKM BJB 2018 diraih Misbakhul Huda dengan usaha tusuk sate berskala lokal dan ekspor asal Kabupaten Bogor. Pemenang kedua diraih Irma Karimah dengan usaha bebek Urwah asal Kota Tangerang dan pememang ketiga diraih Eka Ahmad Fauzi dengan usaha di bidang properti asal Kota Cimahi.

Acara yang dihelat hasil kerjasama Bank BJB dan Genpro ini diikuti oleh 900 orang pelaku usaha UMKM se-Jawa Barat dan Banten.

“Semua finalis sebenarnya memiliki bisnis yang menarik dan prospektif. Semuanya berpotensi untuk sukses”, kata Kintoko salah satu panitia Jawara UMKM 2018, melalui keterangan tertulis dilansir dari Jawa Pos, Minggu (30/12/2018).

Program ini berlangsung sejak awal tahun 2018. Dari total 900 peserta yang ikut lalu diseleksi dengan seksama masing-masing 11 besar di tiap seri-nya, untuk kemudian difinalkan dan diambil 58 besar.

Di tiap serinya panitia melakukan seleksi mendalam hingga diagnosa bisnis para peserta. Jenis usaha yang dijalankan para peserta pun beragam, mulai dari usaha laundry, catering, percetakan, butik muslimah hingga bengkel, dengan lama usaha mulai dari satu tahun.

Para peserta di 58 besar lalu diberikan materi tentang pemahaman bisnis berupa: Business Roadmap, Fundamental Business, Business Plan Mastery dan Investor Marketing (Bankable).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi para wirausaha untuk naik kelas dalam usahanya dengan pembinaan langsung yang intensif tentang materi dasar wirausaha dan materi dasar berkaitan dengan mindset bisnis para peserta. Selama perjalanan menuju final peserta mendapatkan mentoring bisnis dari para pakar untuk menginkubasi bisnisnya dan memetakan potensi untuk peningkatan usahanya”, kata M. As’adi Budiman, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB.

Adapun rangkaian Jawara UMKM 2018 digelar sembilan seri di sejumlah kota. Seri perdana dimulai di Kota Bandung pada Januari 2018. Sementara seri pamungkas berlangsung di Kota Bogor, Jawa Barat.

Sumber: Jawapos