Ilustrasi Kantor TaniHub (Foto : Deodatus Pradipto)
Ilustrasi Kantor TaniHub (Foto : Deodatus Pradipto)

Jakarta, MNEWS.co.idPT TaniHub Indonesia (TaniHub) merupakan sebuah platform pertanian berbasis online dengan ekosistem digital yang dibentuk untuk para petani dan sektor pertanian Indonesia. Dengan tagline ‘Agriculture for Everyone’, TaniHub memberikan pelayanan pertanian yang mudah diakses, transparan, dan bermanfaat luas untuk petani.

Ivan Arie Sustiawan, CEO PT Tani Group Indonesia (TaniGroup), mengungkapkan jargon ‘Agriculture for Everyone’ memiliki maksud TaniHub ingin menjadi platform serta menjadi akses untuk setiap orang agar bisa berpartisipasi sekaligus memberikan kontribusi dalam sektor pertanian. TaniHub juga membangun usahanya di atas tiga pilar utama, yaitu: Pertanian, Teknologi, dan Dampak sosial.

TaniHub mempunyai misi untuk memberdayakan para petani Indonesia dengan menyediakan akses pasar serta keuangan. Sehingga para petani dapat memasarkan hasil panen mereka kepada masyarakat salah satunya adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang ada di berbagai wilayah di Indonesia. 

Ivan Arie Sustiawan, CEO PT Tani Group Indonesia (TaniGroup) dalam acara Tani  Talks “Meningkatkan Revenue UMKM Kuliner melalui Strategi Marketing” di Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, pada Kamis (26/9/19). (Foto: dok/MNEWS)

Ivan mengatakan bahwa TaniHub ingin membantu para pelaku UMKM khususnya pada sektor kuliner dengan memberikan akses pemasaran, keuangan, pengetahuan dan lainnya. Selain itu melalui TaniHub, para pelaku UMKM bisa mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan dalam mengembangkan usaha yang dijalani.

“Harapannya TaniHub dapat membangkitkan para pelaku UMKM khususnya kuliner dengan mendapatkan support berupa pelayanan bahan baku yang dihasilkan langsung oleh para petani,” kata Ivan dalam acara TaniTalks “Meningkatkan Revenue UMKM Kuliner melalui Strategi Marketing” di Graha Niaga Thamrin, Jakarta, pada Kamis (26/9/19).

Memperkuat bisnis kuliner pelaku UMKM sambil ikut mendukung petani lokal. Pesan itulah yang coba disampaikan TaniHub dalam kegiatan TaniTalks ini. 

TaniHub merupakan bagian dari PT Tani Group Indonesia (TaniGroup). Selain menghadirkan TaniHub, TaniGroup juga memiliki TaniFund (PT Madani Indonesia) yang bergerak pada sektor financial technology (fintech) yang membantu pendanaan budidaya para petani.

Ivan menambahkan, TaniFund dapat membantu para pelaku UMKM Kuliner yang ingin mengembangkan usahanya namun mengalami kendala dalam keuangan. “Misalkan UMKM sudah mempunyai 3 outlet, namun ingin menambah jadi 4 outlet tapi terbentur dengan biaya, maka TaniFund bisa membantu,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, TaniHub dan TaniFund akan bekerja sama untuk membantu para pelaku UMKM dalam sektor keuangan dan juga bahan baku. Ivan berharap, melalui kolaborasi yang ada, pihaknya tidak hanya memberikan bantuan tetapi juga mengembangkan usaha milik UMKM.