Ilustrasi Sociolla store. (Foto: Grid.id)

Jakarta, MNEWS.co.id – Untuk mendukung keberlanjutan bisnis brand lokal di tengah masa pandemi sekaligus bertepatan dengan momen Hari Kemerdekaan RI, startup beauty-tech Social Bella (Sociolla) meluncurkan program dukungan dalam ekosistem kecantikannya melalui kampanye “Love Local”.

Lewat inisiatif tersebut, Sociolla akan memberikan ruang lebih besar bagi lebih dari 50 brand lokal untuk berpromosi secara gratis di semua kanal pemasaran online dalam ekosistem kecantikan Social Bella.

Kegiatan ini berlangsung sejak 30 Juli hingga 29 Agustus 2021, di antaranya berupa spotlight penempatan produk brand lokal di halaman homepage Sociolla, baik website dan aplikasi SOCO maupun newsletter kepada pelanggan.

Selanjutnya, kesempatan dapat iklan di media dengan memanfaatkan SOCO Beauty Network dan jaringan influencer hingga ulasan mendalam mengenai produk brand lokal dalam artikel kecantikan melalui Beauty Journal.

Beauty Journal merupakan media online kecantikan bagian dari Sociolla yang kini telah mencapai lebih dari 5 juta monthly traffic average.

Co-Founder & CMO Social, Bella Chrisanti Indiana mengatakan, dalam tiga tahun terakhir, pihaknya melihat brand kecantikan telah lokal tumbuh dengan cukup progresif dan kian digemari oleh beauty enthusiast di Indonesia.

Dalam tiga tahun terakhir, Sociolla mencatat pertumbuhan brand lokal dalam ekosistem kecantikannya naik hingga 14 kali lipat. Data tersebut juga didorong oleh animo masyarakat yang semakin tinggi terhadap inovasi yang cepat serta kualitas produk lokal yang tak kalah bersaing dengan produk brand kecantikan mancanegara.

Namun, di tengah laju pertumbuhannya yang positif itu, tidak dapat dipungkiri bahwa brand lokal masih harus beradaptasi dengan berbagai tantangan akibat pandemi, terlebih sejak gelombang pandemi kedua melanda.

Di tengah masa pandemi, suatu inisiatif yang saling menguatkan diperlukan. Sociolla pun ingin membantu para pemilik brand lokal untuk tetap bisa tumbuh berkelanjutan di masa sulit ini.

“Kampanye Love Local adalah bentuk komitmen dan dukungan Sociolla untuk para brand lokal Indonesia sekaligus ajakan kepada para beauty enthusiast untuk bersama-sama memberikan dukungan,” katanya.

Sementara itu, data Kementerian Perindustrian menunjukkan, sektor kosmetik tumbuh signifikan tahun 2020. Hal ini terlihat dari kinerja pertumbuhan industri kimia, farmasi, dan obat tradisional, di mana kosmetik termasuk di dalamnya, tumbuh 9,39% meskipun di tengah pandemi.

Di sisi lain, selama rentang semester I-2021, Sociolla mencatat peningkatan minat pelanggan terhadap brand lokal hingga 60%. Mereka tidak hanya menunjukkan minat pada produk kosmetik tetapi juga rangkaian produk perawatan diri (skincare).

Bahkan, peningkatan itu telah melebihi penjualan di sepanjang tahun 2020. Sociolla mencatat lima local brand kecantikan yang menjadi incaran para beauty enthusiast di antaranya Avoskin, Scarlett Whitening, Dear Me Beauty, Esqa, dan Make Over.