Ilustrasi. (Foto: Freepik/ jcomp)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perusahaan jasa pengiriman last-mile Ninja Xpress menekankan pentingnya langkah pengemasan dalam pengiriman produk dari pelaku usaha kecil dan menengah (UKM). Dengan memperhatikan dua hal tersebut, para pemilik bisnis skala kecil dan menengah bisa mendapat ulasan baik dari pelanggan di platform marketplace dan toko daring.

Tidak jarang pelaku UKM mengabaikan cara pengemasan produk maupun pengiriman melalui perusahaan jasa seperti Ninja Xpress. Padahal, tampilan kemasan sebuah produk merupakan bagian penting dari branding sebuah usaha. Sehingga dapat menambah nilai jual lewat daya tarik tersendiri saat barang diterima konsumen.

“Pengemasan adalah salah satu hal yang sering dinilai oleh pelanggan dalam transaksi online. Ninja Xpress selalu berkomitmen untuk #SiapBantuSampaiTujuan dengan memberdayakan UKM,” kata Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Adapun terdapat dua hal yang harus diperhatikan para pelaku UKM ketika mengemas produk, sebelum mengirimkannya ke konsumen. Cara berikut ini bisa dilakukan ketika menyiapkan sebuah barang saat akan diserahkan kepada perusahaan pengiriman Ninja Xpress.

Pertama adalah pengemasan barang sesuai dengan jenisnya. Terutama dengan memilih lapisan untuk mencegah produk tidak kotor saat dikirimkan. Ninja Xpress menyarankan pelaku UKM menggunakan kardus sebagai kemasan jika ada banyak barang dalam pengiriman ke alamat yang sama.

Kardus juga wajib digunakan ketika produk jualan pelaku UKM merupakan barang yang mudah rusak atau tergolong pecah belah. Pengganjal dari bahan berupa gumpalan kertas, kertas serut, styrofoam, hingga air bag pillow/poly air bubble bisa ditambahkan untuk menambah keamanan apabila terjadi guncangan.

Jika masih dirasa kurang aman, pengirim bisa meminta perlindungan tambahan seperti rangka kayu dan stiker penanda khusus. Stiker penanda, biasanya bertuliskan agar tidak membanting atau informasi barang rentan rusak (fragile), dimaksudkan memberi informasi kepada kurir Ninja Xpress agar lebih berhati-hati selama pengiriman barang.

Selanjutnya yang kedua yaitu mencantumkan nomor resi, kontak, dan alamat dengan jelas ketika melakukan pengemasan barang melalui jasa pengiriman seperti Ninja Xpress. Sertakan juga patokan atau petunjuk tertentu apabila alamat tujuan tergolong sulit ditemukan, seperti dalam gang kecil.

Pastikan pula nama, kontak, dan alamat pengirim tertulis pada saat mengemas paket, agar dapat terbaca oleh kurir dan penerima. Hal itu juga menjadi petunjuk agar konsumen yang dituju mengetahui barang apa yang diterimanya.