Ilustrasi digital marketing. (Foto: Katarsa.id)

Jakarta, MNEWS.co.id –  Keterbatasan ruang gerak saat ini akibat pandemi yang belum kunjung usai membuat pelaku bisnis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus menerapkan cara baru dalam bertahan.

Bagi pelaku bisnis UMKM, kini penggunaan metode digital marketing merupakan salah satu yang dapat dilakukan untuk dapat melakukan akselerasi bisnis lebih luas. Metode promosi menggunakan media sosial juga menjadi trik yang dapat diterapkan supaya menjaring banyak pembeli, serta meningkatkan brand awareness.

Untuk akselerasi bisnis di pasar digital saat ini, Bank BCA memberikan tips menarik untuk meningkatkan penjualan langsung dari dua orang ahli dibidangnya. Mulai dari Demas Ryan selaku SMB Account Manager TikTok Indonesia dan Aldo Rambie selaku Kepala Bagian Industri Facebook Indonesia.

Tips tersebut dibagikan  dalam bentuk webinar edukasi yang menjadi langkah dari BCA untuk mendukung UMKM go digital. Adapun berbagai tips inspiratif yang dibagikan untuk para pelaku UMKM, antara lain:

Pertama bekerja sama dengan komunitas di media sosial. Gen Z mengharapkan kolaborasi antara pelaku bisnis dengan komunitas. Adanya kolaborasi ini juga bisa disesuaikan dengan lini bisnis yang dimiliki. Bentuknya juga beragam seperti posting dan tags di media sosial untuk meningkatkan engagement.

Kedua yaitu memproduksi konten yang inspiratif, informatif dan menyenangkan. Tips ini menjadi pilihan untuk pelaku bisnis yang ingin menyasar kalangan anak muda. Berdasarkan riset yang dilakukan sebanyak 57 persen generasi Z menyukai konten yang kreatif.

Yang ketiga yakni konten beriklan. Selain secara organik, pemasaran melalui media sosial dapat dilakukan dengan beriklan. Iklan ini akan membantu produk yang kita promosikan masuk ke halaman utama timeline pengguna yang sesuai.

Dan yang terakhir, cermati customer journey. Untuk meningkatkan penjualan melalui platform media sosial salah satunya juga dapat dilakukan dengan menentukan siklus yang terdiri dari awareness, consideration, transaction dan retention & advocacy.

Demas Ryan menambahkan video sharing merupakan platform yang membantu UMKM dapat bertumbuh. Hal ini dapat diwujudkan melalui organik dan iklan. Menurutnya, bagi pelaku bisnis UMKM, terdapat empat pilar yang bisa mendukung perencanaan bisnis yaitu curation, community, conversation dan commerce.