Sandiaga Uno menyampaikan keterangan saat menerima kedatangan pimpinan MPR di kediamannya, Jakarta, Senin, (14/10/19) (Foto: M Taufan Rengganis)
Sandiaga Uno menyampaikan keterangan saat menerima kedatangan pimpinan MPR di kediamannya, Jakarta, Senin, (14/10/19) (Foto: M Taufan Rengganis)

Jakarta, MNEWS.co.id – Perkembangan teknologi yang pesat semakin memberikan tantangan  serta peluang untuk kemajuan masyarakat. Salah satu pelaku wirausaha Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan bahwa pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bisa berkembang pesat di era industri 4.0. Sandiaga menjelaskan bagaimana pentingnya pelaku UMKM untuk bisa melihat peluang serta mengembangkan berbagai inovasi untuk bisa menghadapi para pesaing di era serba digital ini.

Menurutnya inovasi dan bersikap berani mengambil risiko akan menentukan kesuksesan Indonesia dalam menghadapi dalam revolusi industri 4.0. “Pelaku UMKM perlu inovasi dan mengambil peluang, serta berani ambil risiko. Hal itu akan menentukan kesuksesan ekonomi Indonesia menghadapi 4.0” kata Sandiaga

Sandiaga berpendapat bahwa saat ini masyarakat sudah harus bisa menggunakan teknologi berbasis digital. Walaupun saat ini banyak pelaku UMKM yang belum mengerti soal digitalisasi, namun menurutnya hal tersebut bukan menjadi halangan bagi pelaku UMKM untuk bisa menghadapi era 4.0. Pelaku UMKM harus mendapat pelatihan dari ahli serta membangun kerja sama dengan pelaku ekonomi lainnya. Terlebih saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang bekerja sama dengan perusahaan teknologi finansial (fintech).

“Yang paling penting memang harus dilatih dan juga membentuk jaringan antara para pelaku UMKM untuk bisa adaptasi teknologi dengan cepat agar kemampuan kita berinovasi dan bisa meningkatkan persaingan dalam industri” tambahnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Jonathan L. Parapak selaku Rektor UPH menilai bahwa inovasi menjadi kunci untuk bisa bertahan dalam situasi ekonomi saat ini. Kolaborasi dengan berbagai pihak juga menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk menghadapi perubahan dari ekonomi konvensional menuju ekonomi berbasis teknologi.

Dirinya menambahkan bahwa semua pihak harus ikut berpartisipasi dalam menggiring masyarakat terutama para pelaku UMKM untuk bisa menghadapi situasi ekonomi saat ini. Menurutnya dengan campur tangan berbagai pihak, akan menciptakan inovasi yang beragam.