Ilustrasi. Foto: Nyatkadir.
Ilustrasi. Foto: Nyatkadir.

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III salurkan dana kemitraan tahap ke-3 tahun ini, senilai Rp 1,1 miliar untuk 25 mitra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan baru di Jawa Timur.

CEO Pelindo III Regional Jawa Timur Onny Djayus mengatakan, program penyaluran dana kemitraan itu merupakan komitmen perusahaan untuk turut aktif mengembangkan kemampuan usaha kecil agar lebih mandiri dan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya.

“Dengan adanya penyaluran dana ini, mitra binaan UMKM bisa mendapatkan akses permodalan, akses informasi dan teknologi, maupun akses pasar untuk mengembangkan usahanya,” ujar Onny dalam keterangan tertulis, Kamis (20/12/2018).

Adapun ke-25 mitra binaan pada tahap ke-3 ini terdiri atas beberapa bidang usaha yang meliputi perdagangan, perindustrian, peternakan, hingga jasa. Semua mitra binaan itu tersebar di Kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Nganjuk, Malang, Blitar, Bangkalan, Sumenep, Jombang, dan Gresik.

“Berharap tahun depan kami dapat meningkatkan nilai dana program kemitraan ini agar bisa membantu pengusaha kecil lebih mandiri secara finansial,” tambahnya.

Adapun pada 2018, Pelindo III menggelontorkan dana kemitraan total Rp 3,7 miliar dalam tiga tahap untuk 87 mitra baru di wilayah Jatim. Pada tahap ke-1, dana kemitraan Rp 1,7 miliar disalurkan kepada 42 mitra binaan. Pada tahap ke-2, dana Rp 877 juta disalurkan kepada 20 mitra binaan.

“Hingga kini, tercatat ada 540 mitra binaan yang aktif tersebar di seluruh Jatim,” tutupnya.

Sumber: Bisnis