Petani binaan Rumah Zakat. (Foto: Rumah Zakat)

Jakarta, MNEWS.co.id – Relawan Rumah Zakat menyalurkan modal usaha kepada enam penerima manfaat di Binjai Serbangan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Dana tersebut diberikan untuk program ekonomi agro masyarakat. Kegiatan penyaluran ini dilakukan pada Sabtu (23/1/21), di rumah Jhoni selaku ketua BUMMas Tani Jaya.

Sebagai daerah penghasil sayur terbesar di Kabupaten Asahan, Relawan berharap para petani yang selama ini menjadi penerima manfaat agar melakukan variasi tanam.  Karena selama ini para petani hanya berani menanam Sawi, kangkung, dan bayam yang memang dikenal sebagai produk andalan mereka.

Dengan masuknya bawang sebagai salah satu prioritas tanam petani di musim ini, diharapkan dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi buat para petani apalagi menjelang panen nanti bertepatan dengan masuknya bulan  Ramadhan.

“Diperkirakan harga bawang 3 bulan mendatang akan melonjak tajam, sehingga perlu bagi kita mempersiapkan sejak dini dengan menanam di ladang kita masing-masing,” kata Thamrin selaku Relawan Rumah Zakat.

Thamrin menambahkan, petani memang harus bisa memperkirakan peluang kapan mulai tanam dan komoditas apa yang bagus ditanam sehingga mendatangkan keuntungan yang tinggi buat mereka.

“Kebiasaan seperti ini hendaknya bisa lebih dicermati. Karena peluang pertanian di masa depan sangat menjanjikan sehingga kejelian membaca peluang dan kemampuan para Bapak mengelola tanaman benar-benar diperlukan,” ungkapnya.

Dengan disalurkannya bantuan modal usaha ini, diharapkan para petani bisa lebih giat lagi mengelola tanah pertanian mereka. Meskipun tidak begitu besar, tetapi jika bantuan modal usaha ini bisa dimanfaatkan dengan baik keuntungan berlipat akan mereka peroleh.

“Agar  keuntungan bisa maksimal didapat, saya mengajak para petani meningkatkan semangat ibadah nya karena bagaimana pun juga keberhasilan penanaman bawang hingga panen berharap pada keridhoan Allah SWT,” pungkasnya.