Ilustrasi. Foto: padang-today.com
Ilustrasi. Foto: padang-today.com

Padang, MNEWS.co.id – Momentum hari raya Idul Fitri atau Lebaran, menjadi saat yang paling membahagiakan bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), tak terkecuali di Padang, Sumatera Barat.

Mengutip dari Republika, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatra Barat Zirma Yusri mengatakan, selama lebaran Idul Fitri 1440 H kemarin aktivitas jual beli UMKM Sumbar mengalami peningkatan hampir di setiap daerah kabupaten dan kota. Menurutnya, hal tersebut bukan fakta yang mengherankan. Setiap kali lebaran, memang hari buat UMKM panen rezeki.

“Kalau sudah lebaran kan memang harinya untuk UMKM. Setiap daerah masing-masing memang sudah kami imbau sejak awal untuk menggelar produk UMKM-nya,” kata Zirma kepada Republika.co.id, Selasa (11/6/2019).

Zirma menjelaskan, Dinas Koperasi dan UKM Sumbar tidak dapat mendata secara detail berapa peningkatan aktivitas jual beli UMKM selama lebaran. Pasalnya, mayoritas pedagang tersebut berjualan secara mandiri dan merupakan industri rumah tangga.

Ia mengatakan, UMKM di Sumbar selama libur lebaran kemarin memanfaatkan momen ramainya perantau asal Sumbar yang mudik ke kampung halaman. Para perantau yang mudik ini tersebar merata di seluruh kabupaten dan kota di Sumbar.

Selain itu, lanjutnya, momen libur lebaran juga menjadi ladang rezeki bagi pedagang di lokasi-lokasi wisata dan pinggir jalan yang dilewati pemudik. Hampir semua tempat wisata di Sumbar diramaikan oleh pengunjung yang mayoritas adalah perantau yang ingin menikmati keindahan alam di Ranah Minang.

Selama musim mudik dan libur lebaran, jalanan di Sumbar mengalami kemacetan. Para pedagang yang menjajakan dagangannya di pinggir jalan pun meraup keuntungan. “Itu pula kelebihan di Sumbar ini. Kalau sudah momen lebaran, selalu ramai karena masyarakat kita ini ramai di rantau dan pulang ketika lebaran,” tutup Zirma.

Sumber: Republika https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/19/06/11/psx6gp384-lebaran-menjadi-moment-meyenangkan-umkm-di-sumbar

Rep: Febrian Fachri / Red: Andi Nur Aminah