Ilustrasi Whatsapp business. (Foto: Lidexcom.org)

Jakarta, MNEWS.co.id – Di era serba digital saat ini, akan ketinggalan zaman jika tidak memanfaatkan digitalisasi untuk berusaha. Mau tidak mau dengan perkembangan industri 4.0 dan transformasi digital menjadi kata kunci agar detak jantung bisnis tetap hidup, termasuk untuk UMKM.

UKM Indonesia bekerja sama dengan WhatsApp menyelenggarakan program bertajuk 100 UKM JUWARA, Jumat, (23/10/20). Melalui program ini, kedua pihak berharap para peserta dapat mengoptimalkan teknologi, salah satunya aplikasi WhatsApp Business.

“Pelatihan hari ini bertujuan agar para pelaku UMKM bisa belajar cara mendekatkan diri dengan pelanggan mereka secara lebih personal melalui tips dari para pembicara. Keterampilan ini akan sangat membantu Anda saat terpilih untuk Katalog 100 UKM JUWARA,” kata Direktur Kebijakan Publik WhatsApp APAC, Clair Deevy, dilansir dari Antara.

Program Katalog 100 UKM JUWARA di WhatsApp Business, menurut Clair, merupakan porgram yang pertama kalinya diadakan di dunia. “Kami berharap dapat membantu gerakan #BanggaBuatanIndonesia yang diinisiasi oleh pemerintah,” tambahnya.

Salah satu pembicara di dalam acara ini adalah Yanuar Ilmawan, co-founder usaha jam tangan Matoa dari Bandung. Yanuar menceritakan caranya memanfaatkan WhatsApp Business hingga memudahkan 80 persen interaksi dengan pelanggan yang berasal dari tiga benua. Menurutnya, sarana komunikasi yang lancar, mudah, dan privat berhasil meyakinkan pelanggan Matoa untuk membeli jam tangan Matoa yang unik.

UKM Indonesia akan menyusun sebuah katalog digital yang menampilkan 100 anggota UKM Indonesia terpilih. Para UMKMini sudah aktif secara digital, memiliki model bisnis unik, dan menawarkan produk berkualitas. Katalog ini nantinya akan mencakup:

1. Kumpulan daftar 100 UKM JUWARA. Katalog tersebut dapat diakses di: bit.ly/BBI-ukmindonesia

2. Buku Katalog Digital (clickable pdf)

Nantinya melalui katalog ini akan dipromosikan melalui media sosial Instagram dan penyebaran informasi di ragam WhatsApp Group. Di media sosial, kami akan menggunakan hashtag #UKMJuwara dan #BanggaBuatanIndonesia untuk mengamplifikasikannya.