Terima Gerobak Usaha, Ibu Witarsih Siap Memulai Usaha Kecilnya Demi Keluarga. (Foto: dok. ShopeePay)

Jakarta, MNEWS.co.id – ShopeePay sebagai penyedia layanan pembayaran digital terunggul di Indonesia, baru-baru ini menyerahkan gerobak usaha melalui Program Gerobak Usaha bagi para pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. Inisiatif yang didukung oleh Kitabisa.com ini digalakkan tahun lalu melalui sistem online fundraising, dengan pembayaran digital ShopeePay.

Human Initiative merupakan salah satu organisasi kemanusiaan ternama, yang juga ikut berkontribusi terhadap kolaborasi ini sebagai perpanjangan tangan untuk mendistribusikan gerobak usaha ke para penerima manfaat yang terus berjuang demi kehidupan yang lebih layak.

Marketing Manager ShopeePay, Cindy Candiawan, mengatakan, program ini bertujuan untuk meringankan beban para pelaku UMKM. Pihaknya berterimakasih pada pihak-pihak yang telah membantu.

“Lewat Program Gerobak Usaha ini, kami bersyukur telah sedikit banyak meringankan beban usaha pelaku UMKM dan mendukung kelangsungan hidup bisnis mereka selama pandemi. ShopeePay juga ingin berterima kasih kepada Kitabisa.com yang telah menjadi wadah terpercaya selama kolaborasi ini berjalan,” ujar Cindy.

Salah satu pelaku bisnis kecil yang terdampak pandemi adalah Ibu Witarsih. Witarsih merupakan pedagang makanan dan minuman ringan seperti sosis, nugget, mi instan dan minuman saset untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarganya. Ia tidak sendirian menjadi tulang punggung keluarga, karena didukung oleh suaminya, yang merupakan buruh bangunan harian dan anak-anaknya yang sudah putus sekolah.

Dengan kondisi pandemi seperti saat ini, pertarungan keluarga Witarsih untuk bertahan hidup menjadi lebih sulit. Setiap harinya, ia hanya mendapatkan kurang dari Rp100 ribu dari hasil berdagang.

Saat ini, Witarsih tinggal di rumah kosong seadanya berkat bantuan warga sekitar. Tidak putus asa, Ia bertekad bulat ingin memulai usaha demi mencukupi kebutuhan keluarga dan membutuhkan dukungan modal usaha.

Beruntung, Ia terpilih mendapatkan Gerobak Usaha hasil kerja sama dari ShopeePay, Kitabisa, dan Human Initiative, sehingga bisa secepatnya memulai ide usaha kecilnya. Gerobak usaha ini akan kemudian dipakai Witarsih untuk menjajakan makanan cepat saji bagi anak-anak kos yang tinggal di sekitar tempat tinggalnya.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya gerobak usaha dari ShopeePay dan Kitabisa.com. Besar harapan saya, agar perekonomian keluarga saya menjadi lebih baik, sehingga anak-anak saya bisa sekolah lagi, setelah saya berkesempatan untuk berjualan menggunakan fasilitas yang sewajarnya,” pungkasnya.

ShopeePay bersama #OrangBaik di Kitabisa.com akan memberikan Gerobak Usaha kepada beberapa penerima manfaat lainnya dalam waktu dekat demi mempertegas komitmennya dalam memberdayakan UMKM di Indonesia.