Produk Suvenir Tembus Pasar Internasional, DPR Apresiasi UKM Kalteng

Dewi Fadhilah Soemanagara | 27 Januari 2019, 14:35 WIB

Palangka Raya, MNEWS.co.id – Komisi VI DPR RI meninjau langsung pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) binaan Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah membawa hasil produksinya bersaing hingga kancah internasional.

Dipimpin Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Azam Azman Natawijana, Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI langsung berinteraksi dengan pelaku UKM yang membuat kerajinan suvenir dari getah nyatu ‘panji’ di Palangka Raya, Kalteng, Kamis (24/1/2019), dilansir dari situs DPR.

“Pembinaan terhadap UKM sudah di atur dalam Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 pasal 84 tentang BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Jadi pembinaan ini adalah suatu hal yang wajib, guna membantu masyarakat meningkatkan perekonomiannya,” jelas Azam.

Untuk itu, lanjutnya, tujuan kunjungan ini adalah untuk pengawasan langsung ke lapangan, apakah pembinaan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah tersalurkan dengan baik ke para pelaku UKM di daerah. 

“Kita minta BRI dan bank BUMN lain untuk terus membina UKM yang spesifik di daerahnya masing-masinh, agar tumbuh dan meningkatkan perekonomian di Kalteng dan daerah lain. Kami juga berharap tidak hanya pembinaan pada produksi, tetapi juga pemasaran," jelas legislator dapil Jawa Timur itu.

Perwakilan BRI Provinsi Kalteng memastikan telah memberikan KUR kepada pelaku UKM agar ekonomi rakyat setempat juga tumbuh dengan baik. Pengembalian kreditnya juga berjalan lancar tanpa hambatan. Ini merupakan bentuk kemitraan strategis dan sinergi yang baik antara pemerintah daerah, BUMN, dan masyarakat setempat. 

Tentang Penulis
Dewi Fadhilah Soemanagara
Deskripsi penulis tidak tersedia


TAMBAHKAN KOMENTAR

Silahkan Masuk untuk berkomentar.

KOMENTAR

Memuat... Belum Ada Komentar