Ilustrasi produk bendera merah putih. (Foto: Antara)

Jakarta, MNEWS.co.id – Seolah tak terhalang pandemi, masyarakat Indonesia ingin merayakan HUT ke 76 RI pada 17 Agustus kemarin dengan berbelanja berbagai pernak-pernik kemerdekaan lewat platform e-commerce.

Hal tersebut terlihat dari catatan atau tren transaksi Tokopedia selama seminggu menjelang dan saat puncak Hari Kemerdekaan.

Tokopedia mengadakan Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun untuk merayakan hari jadi ke-12, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan, pihaknya melihat antusiasme masyarakat yang berbelanja di toko lokal lewat Tokopedia. Menurutnya, aktivitas seperti ini mampu membantu memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.

“Mengingat penjual di Tokopedia yang kini berjumlah lebih dari 11 juta merupakan hampir 100 persen adalah UMKM lokal dan penopang signifikan pendapatan negara adalah UMKM lokal,” ujar Ekhel.

Berikut beberapa makanan hingga barang pernak-pernik yang laku keras di Tokopedia selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021.

Pertama yaitu penjualan bendera merah putih yang laku keras.  Kondisi pandemi ternyata tidak menyurutkan semangat masyarakat dalam merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia walaupun dari rumah.

“Terbukti dari jumlah transaksi produk bendera merah putih dan dekorasi 17an, misalnya, masing-masing meningkat lebih dari 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020,” ungkap Ekhel.

Kedua, kaos bergambar indonesia sangat diminati. Penjualan kaos dengan desain nasionalis juga meningkat drastis. Tokopedia mencatat jumlah transaksi kaos bergambar Indonesia melonjak hampir 3x lipat.

Ketiga, lomba makan kerupuk di rumah. “Di tengah pandemi, mengadakan lomba 17-an di rumah bersama keluarga tercinta ternyata menjadi alternatif merayakan HUT 76 Indonesia,” tambah Ekhel.

Jumlah transaksi kerupuk di Tokopedia meningkat lebih dari 2,5x lipat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Keempat, adalah tumpeng. Selain kerupuk, nasi tumpeng juga diburu masyarakat belakangan ini. Menurut data internal Tokopedia, jumlah transaksi nasi tumpeng meningkat hampir 2x lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Dan yang kelima produk makanan lokal jadi favorit. Semakin banyak masyarakat yang berbelanja produk makanan dan minuman khususnya melalui Tokopedia Nyam. “Kami mencatat camilan lokal, seperti pisang goreng madu, bakmi, cokelat serta kacang menjadi beberapa camilan favorit masyarakat selama seminggu menjelang dan saat puncak 17 Agustus 2021,” ujar Ekhel.

Ia menambahkan pihaknya sangat mengapresiasi masyarakat yang sudah berbelanja produk lokal lewat Tokopedia. Upaya ini bisa membuat pelaku usaha bangkit bersama, memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi.