Ilustrasi pedagang warteg. (Foto: Liputan 6)

Jakarta, MNEWS.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan melindungi para pedagang kecil dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) usai dinaikkannya level PPKM di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menjadi level 3.

“Presiden (Jokowi) tadi memberikan instruksi betul-betul supaya UMKM, pedagang-pedagang kecil kita itu tetap bisa berdagang dengan baik dan itu kita lindungi,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan.

Luhut menjelaskan para pedagang dan pelaku UMKM juga harus taat protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Hal tersebut penting untuk keselamatan keluarga para pedagang dan pelaku UMKM.

“Tapi pedagang-pedagang juga harus disiplin kalau belum vaksin anda pergi vaksin supaya anda jangan menjadi korban dan keluarganya juga jadi korban,” ujarnya.

Ia juga memahami bahwa masyarakat mengalami kepenatan akibat pandemi Covid-19 yang berlarut-larut. Maka dari itu, Luhut mengajak masyarakat agar saling bahu-membahu untuk melakukan pencegahan penularan Covid-19.

“Pemerintah menyadari bahwa terdapat kepenatan kejenuhan dan kelelahan akibat pandemi Covid-19 ini yang dialami masyarakat. Namun semua warga negara yang baik tentunya harus sadar bahwa keluar dari pandemi adalah agenda kita bersama,” ungkap Luhut.

Melalui kebijakan baru ini, Luhut ingin tidak ada lagi kelompok ekonomi terdampak. Jika hasil evaluasi kebijakan teranyar ini menunjukkan perkembangan yang baik, maka pekan depan pemerintah berjanji akan kembali membuka ruang kegiatan yang lebih longgar.

“Karena kami terus terang tidak ingin kita ketakutan dan ekonomi kita terganggu padahal tidak ada masalah. Kita lihat terus minggu ini, kalau bagus minggu depan akan kita longgarkan. Jadi jangan takut tetap pakai masker dan cuci tangan dilakukan,” pungkasnya.