Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada salah seorang pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) boga. (Foto : Dok. Pemprov Jawa Tengah)

Semarang, MNEWS.co.id – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo mengelontorkan dana Rp38 miliar untuk membantu pembelian bahan pokok ribuan usaha kecil menengah (UKM) bidang boga yang terdampak virus Corona.

Bantuan yang diberikan seperti tepung, gula, minyak, telur dan kebutuhan lainnya. Para pelaku UKM bidang boga mendapat bantuan berbeda-beda, sesuai kebutuhan dan jumlah produksi.

“Pelaku UKM bidang boga yang agak lesu penjualan dan omzet menurun akibat Covid-19 disuntik dengan peralatan dan bantuan bahan baku agar mereka bisa berdagang lagi,” kata Ganjar.

Setelah pemberian stimulus terhadap para pelaku UKM, pihaknya sudah menyiapkan langkah selanjutnya yakni pelatihan, penyediaan modal serta kerjasama dengan e-commerce raksasa nasional.

Langkah ini diharapkan akan mampu membangkitkan sektor UKM Jateng yang terpukul akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2020. “Pelatihan bagi UKM akan terus kami genjot. Kami sudah komunikasi dengan Gojek, Bukalapak, Blibli, dan Tokopedia bahkan Facebook untuk membantu UKM Jateng agar bisa masuk cara bisnis baru yang serba digital,” tambahnya

Mengenai bantuan permodalan bagi UKM, Pemprov Jateng sudah menyusun skema pembiayaan melalui Bank Jateng, BPR- BKK yang sudah disiapkan agar bisa ikut membantu pembiayaan UKM.

Termasuk dari Badan Zakat Nasinal (Baznas) dan lainnya bisa jadi modal sehingga tidak hanya mengandalkan dari APBD Jateng. Ia menambahkan Baznas telah membantu Rp300 juta untuk 100 penerma manfaat, sehingga tidak hanya mengandalkan APBD namun memanfaatkan juga dari sumber lainnya.

Ganjar sebelumnya telah menggelontorkan dana Rp10 miliar untuk membeli tiga masker dari para pelaku UKM bidang fashion. Bantuan bahan baku dari Pemprov Jateng disambut atusias oleh para pelaku UKM boga yang sangat membutuhkan karena mengalami kesulitan dana akibat Covid-19.