Ilustrasi Kuliner. (Foto: Unsplash/ James Sutton)
Ilustrasi Kuliner. (Foto: Unsplash/ James Sutton)

Pontianak, MNEWS.co.id – Pemerintah Kota Singkawang telah mempersiapkan berbagai kuliner gratis saat gerhana matahari cincin yang akan berlangsung pada Kamis 26 Desember 2019. Kuliner gratis yang disiapkan merupakan panganan khas berbagai etnis yang akan mengisi empat panggung di tempat berbeda.

Panggung pertama berada di depan Vihara Tri Dharma Bumi Raya, Jalan Sejahtera, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat. Panggung kedua berada di depan Beta Jaya, Jalan Sejahtera, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.

Sementara panggung ketiga berada di depan Toko Sintaro, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat. Dan panggung keempat berada di depan Bank Kalbar, Jalan Diponegoro, Kelurahan Pasiran, Kecamatan Singkawang Barat.

Pemkot tidak hanya menghadirkan wisata kuliner, namun pada empat panggung itu juga akan digelar atraksi dari berbagai etnis. Berbagai etnis yang akan ditampilkan adalah panggung pertama dari etnis Padang, Banjar, NTT, Sunda dan Dayak. Panggung kedua penampilan dari etnis Bali, Melayu, Batak, dan Jawa. Panggung ketiga penampilan dari etnis Tionghoa, Ambon, Palembang, dan Manado. Serta panggung keempat penampilan dari etnis Bugis, Madura, Aceh dan Riau.

Event ini merupakan rangkaian dari kirab budaya multi etnis 2019 dalam menyemarakkan fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC), Kamis (26/12/19) di Kota Singkawang. Durasi gerhana matahari cincin di Singkawang cukup lama, yakni 3 menit 38,1 detik.

Nantinya Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) akan melakukan pengamatan sekaligus streaming dari Masjid Raya Singkawang, Jalan Masjid, Kelurahan Melayu, Kecamatan Singkawang Barat.