Bupati Sleman Sri Purnomo meluncurkan Gebyar 2000 UMKM Sleman bertepatan dengan Peringatan Hari Belanja Online Nasional, Rabu, (11/11/20). (Foto: Humas Pemkab Sleman)

Sleman, MNEWS.co.id – Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman, Yogyakarta, meluncurkan Gebyar 2.000 UMKM. Peluncuran dilakukan bertepatan Hari Belanja Online Nasional, yang dimaksudkan meningkatkan transaksi produk UMKM Sleman yang turun selama pandemi Covid-19.

Bupati Sleman, Sri Purnomo mengatakan, program ini merupakan terobosan Pemkab Sleman untuk memasarkan produk-produk UMKM yang ada. Ia menilai, langkah itu jadi inovasi yang baik mengingat terjadi perubahan perilaku pembeli selama pandemi.

“Apa artinya produk bagus kalau pemasarannya tidak jalan. Maka itu, kita bantu pemasarannya,” kata Sri dikutip dari Antara.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Pustopo mengungkapkan, program ini merupakan hasil kerja sama antara Pemkab Sleman dengan Gojek. Sasarannya adalah beberapa UMKM Sleman yang terdaftar di Go food dengan kriteria tingkat jumlah transaksi menengah ke bawah.

Terutama di Sleman timur, utara  dan barat, serta UMKM Sleman binaan Dinas Koperasi dan UKM yang belum terdaftar di GoFood. Ia juga menyebut, kegiatan ini akan terus dilaksanakan selama 20 hari hingga 6 Desember 2020.

“Akan ada subsidi atau potongan harga produk UMKM Sleman sebesar Rp 10.000 setiap transaksi,” ujar Pustopo.

Pustopo menambahkan, saat ini jumlah UMKM di Kabupaten Sleman mencapai 68.382 ribu yang mana 18 persennya merupakan usaha mikro dengan modal di bawah Rp50 juta. Sehingga saat ini UMKM Sleman tentu membutuhkan dukungan terutama selama pandemi.