Bangka Belitung, MNEWS.co.id – Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melibatkan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dalam mempromosikan potensi wisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

“Peluang sektor pariwisata sangat potensial dikembangkan. Kami berharap jaringan organisasi KNPI bisa berperan aktif membantu pemerintah menggerakkan sektor pariwisata daerah,” kata Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat Bambang Haryo Suseno dikutip dari Antara.

Pembangunan sektor pariwisata tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, namun harus banyak pihak yang terlibat, khususnya generasi muda yang memiliki ide dan kreativitas kekinian.

Pariwisata merupakan sektor yang sangat menarik dikembangkan dan perlu melibatkan banyak pihak agar semakin berkembang, mulai dari pola pengembangan destinasi atau objek wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner dan lainnya yang ada di daerah itu.

“Pertemuan dengan para pengurus KNPI Kabupaten Bangka Barat  diharapkan bisa menyamakan kepariwisataan agar pembahasan tidak terkunci hanya dalam kawasan atau destinasi, namun membangun kepariwisataan secara luas yang bisa melibatkan banyak pihak, bahkan seluruh masyarakat bisa merasakan manfaatnya,” katanya.

Kabupaten Bangka Barat, khususnya Mentok sebagai salah satu kota pusaka di Indonesia, memiliki banyak objek dan arti penting objek bangunan bersejarah yang ada di daerah itu.

“Objek ini merupakan potensi yang bisa menjadi daya tarik wisatawan, kami berharap para pemuda mulai ada yang berminat ke arah itu dan ke depan bisa menjadi agen atau pelaku usaha wisata di daerah ini,” katanya.

Bambang menyadari saat ini sektor pariwisata belum memiliki andil besar dalam perekonomian masyarakat yang masih didominasi dari sektor pertambangan, namun jika digarap serius dan melibatkan banyak pihak diyakini beberapa tahun ke depan pariwisata bisa menjadi salah satu pilar ekonomi masyarakat setempat.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Bangka Barat, Riandi mengatakan, siap membantu berbagai gerak pembangunan yang akan dilaksanakan pemerintah daerah, khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Jaringan anggota KNPI saat ini sudah ada hingga tingkat kecamatan dan desa, kerja sama ini menjadi potensi strategis dalam membangun desa wisata yang nantinya juga akan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” katanya.

Selain kekuatan jaringan anggota organisasi, KNPI daerah itu saat ini juga sudah cukup aktif dalam jaringan media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk membantu promosi wisata daerah. Pola promosi wisata melalui berbagai kegiatan organisasi di tingkat regional dan nasional juga akan dilakukan agar Bangka Barat semakin dikenal dan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke ujung barat Pulau Bangka.

“Ini merupakan salah satu bentuk sinergisitas antara pemuda dengan pemkab, KNPI merupakan mitra strategis pemerintah dalam gerak pembangunan,” tambahnya.