Suasana pelatihan manajemen ritail yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya di hotel Candisari Karanganyar, Kebumen, Selasa (31/12/19). (Foto: Supriyanto)
Suasana pelatihan manajemen ritail yang digelar PT Sumber Alfaria Trijaya di hotel Candisari Karanganyar, Kebumen, Selasa (31/12/19). (Foto: Supriyanto)

Kebumen, MNEWS.co.id – Sejumlah 50 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Kebumen, mendapatkan pelatihan mengenai manajemen retail yang diadakan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya di hotel Candisari Karanganyar, pada Selasa (31/12/19).

Pelatihan yang diadakan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kebumen itu, melibatkan pelaku UMKM yang mayoritas adalah produk makanan dan mendapatkan beberapa materi pelatihan.  Selain manajemen ritail juga diberikan  materi terkait dengan packaging produk, pemasaran retail maupun izin produksi.

Neni Restini selaku MD Manager Cabang Cilacap mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan untuk mendukung pelaku UMKM agar dapat lebih berkembang. Selain itu juga bertujuan untuk memperbaiki kualitas produk seta manajemen retail. Dengan pelatihan ini, diharapkan pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas hingga mampu bersaing dengan produk lain.

“Sehingga mereka mampu bersaing dengan produk lain yang sudah masuk retail,” kata Neni.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya pelatihan, tetapi juga sinergi antara pihaknya dengan pelaku UMKM Kebumen. Selanjutnya, pelaku UMKM Kebumen diharapkan bisa menjualkan produknya ke retail termasuk Alfamart.

“Pelaku usaha dan retail modern sudah saatnya tumbuh berdampingan dengan dan bersinergi,” ungkap Neni.

Sementara itu, Widiatmoko selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kebumen, mengatakan pelaku UMKM di daerahnya perlu mendapatkan dukungan maksimal dalam memasarkan produk. Diharapkan mereka mampu menembus pasar retail.

“Kami mengapresiasi kegiatan dalam mendukung perkembangan pelaku UMKM di Kebumen. Diharapkan pelaku UMKM di Kebumen semakin berkembang,” kata Widiatmoko.