Portal berita UMKM www.mnews.co.id.
OlseraPOS resmi meluncurkan fitur Olsera Online Order. (Foto: Olsera)

Jakarta, MNEWS.co.id – Pelaku usaha mana yang tidak pusing di masa Physical Distancing? Di samping ingin memprioritaskan keselamatan diri dan para karyawan, mereka juga
berpikir keras bagaimana agar dapat tetap berjualan. Terlebih belum ada yang dapat
memastikan berapa lama lagi masa pandemi ini akan berlalu, bisa sebulan, dua bulan, atau
hingga akhir tahun.


Semua pelaku usaha sangat sadar, bahwa “Zero Productivity” atau tutup total bukanlah
solusi jangka panjang. Semua pebisnis menunggu waktu untuk bisa membuka gerai kembali
dan mencari alternatif untuk menjaga omzet penghasilan. Tidak profit sekalipun bukan
masalah, namun paling tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan karyawan
hingga masa sulit ini berlalu.


Namun bagaimana agar tetap dapat berjualan, apabila masyarakat dihimbau untuk tetap di
rumah? Bagaimana dapat berjualan jika toko dan restoran sepi tanpa pengunjung?

Sadar atau pun tidak, kita mulai melihat banyak usaha mulai beralih kepada layanan antar
gratis bagi setiap pesanan yang diterima, dan ternyata cara ini cukup efektif. Benar bahwa
pada saat Physical Distancing dan WFH sekalipun, setiap orang tetap perlu memenuhi
kebutuhannya, apalagi kebutuhan yang mendasar yaitu makan.


Hal ini menjadi satu peluang baru bagi pelaku F&B yang dapat menawarkan jasa delivery,
terlebih gratis, untuk mendapatkan ceruk pasar agar dapat bertahan, bahkan berkembang lebih besar dibanding sebelumnya.

OlseraPOS sebagai rekan Point of Sale yang dipercaya oleh para pelaku usaha di Indonesia berusaha untuk menghadirkan solusi konkrit atas situasi ini.

Setelah sebelumnya memberikan komitmen untuk menihilkan biaya pemakaian selama
merchant harus tutup operasional, kini OlseraPOS resmi meluncurkan fitur Olsera Online
Order, yang merupakan bagian dari paket fitur yang akan terdiri dari Dine In, Reservation, Take Away, dan Delivery.

Novendy, Co-Founder OlseraPOS menegaskan, “Tim kami bekerja keras untuk mewujudkan
fitur Take Away & Delivery, karena kedua fitur inilah yang benar-benar dibutuhkan oleh para
merchant saat ini untuk bisa produktif, dengan tetap memperhatikan kebijakan Physical
Distancing sesuai himbauan dari pemerintah.”


“Sebagai rekan, kami ingin memberikan solusi yang konkrit, yang totalitas. Menutup toko
atau sepi pelanggan itu sulit, sangat sulit dan dilema karena rekan-rekan pebisnis harus
terus membiayai operasional dan menggaji karyawan,” jelas Novendy.

Dengan Fitur Take Away, pelanggan dapat melakukan pesanan dari rumah untuk kemudian
menjemput pesanan tersebut di toko/restoran, meniadakan kebutuhan untuk menunggu
pesanan di tempat yang menjadi momok bagi sebagian besar orang akhir-akhir ini.


“Kami sangat mengerti ini dan kini kami ingin sampaikan kepada rekan-rekan pebisnis
bahwa mereka dapat terus berjualan, ada jalan keluarnya dan kami memudahkan mereka
untuk menerapkannya sekarang,” ujar Novendy.


Lebih lanjut Novendy menekankan bahwa fitur Delivery akan menjadi solusi yang paling
membantu. Merchant dapat menentukan jam antar dan jarak antar gratis yang
dikehendaki. Walaupun toko, restoran tidak menerima tamu sekalipun, mereka tetap dapat menghasilkan.

“Tetap mendapatkan penghasilan dengan kemudahan pemesanan yang diberikan kepada pelanggan untuk take order dari rumah, dan pesanan terhubung langsung ke Point of Sale Olsera yang mereka gunakan,” tambah Ali, Co-Founder OlseraPOS.


OlseraPOS berkomitmen memberikan fitur ini secara gratis, tanpa biaya tambahan kepada
para merchant baik yang telah menggunakan layanan software kasir Olsera maupun yang
belum sekalipun.


“Mengingat sekarang adalah masa sulit, kami tidak ingin mengambil keuntungan juga tidak
ingin membeda-bedakan mereka menggunakan layanan kami ataupun kompetitor,” imbuh
Novendy.

“Prioritas kami adalah bagaimana agar dapat membantu para pebisnis F&B agar tetap
produktif, mampu melalui masa-masa sulit ini, bahkan memanfaatkan kesempatan ini
sebagai momentum untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Kami mempersilakan
semua pemilik gerai, toko, restoran, rumah makan untuk memanfaatkan fitur ini. Tim kami
siap membantu semaksimal mungkin,” tutup Novendy.