Sejumlah busana dipamerkan dalam MUFEST 2021 di Pakuwon Mall, Surabaya pada 2 April 2021. (Foto: dok. MUFEST 2021)

Surabaya, MNEWS.co.id – Penyelenggaraan MUFFEST tahun ini hadir di Kota Pahlawan, Surabaya, mulai 1 – 11 April 2021 di Pakuwon Mall, Jawa Timur.

Dengan komitmen untuk terus berperan serta dalam upaya mempromosikan karya desainer tanah air, MUFFEST juga siap mendukung tujuan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dan modest wear dunia.

“Dalam hal ini Dyandra dan IFC selalu berusaha memberikan yang terbaik dalam penyelenggaraan MUFFEST dan berkomitmen untuk mendorong kreativitas anak bangsa dalam menciptakan produk lokal dengan standar, mutu, dan kreasi yang dapat bersaing di mancanegara serta memberikan kontribusi bagi pemulihan ekonomi nasional,” ujar Branch Manager of Dyandra Promosindo, Agustien Dyah Ekawati.

National Chairman Indonesian Fashion Chamber, Ali Charisma juga menyampaikan dalam sambutan, masa pandemi yang berkepanjangan dengan dampak besar sekali terhadap industri fashion. Para desainer sadar bahwa semua perlu bergandeng tangan, bergerak bersama dengan menyesuaikan perubahan kondisi sekarang sehingga industri fashion di Indonesia mulai menggeliat lagi.

“MUFFEST ditargetkan untuk membangun industri fashion bukan hanya di ibukota Jakarta, tetapi juga daerah-daerah potensial lainnya, sehingga kami menjemput bola dengan menghadirkan MUFFEST di kota-kota besar di Indonesia. MUFFEST juga mengajak pelaku dan pengguna fashion untuk sadar dan memahami pentingnya sustainable fashion,” ujar Ali.

Sesuai konsep sustainable, peserta MUFFEST kali ini tidak harus membuat koleksi baru, namun bisa memanfaatkan koleksi lama dengan syarat disesuaikan perkembangan tren terbaru supaya diterima oleh pasar secara luas.

Dalam sambutan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang disampaikan oleh Kepala Biro Perekonomian Provinsi Jawa Timur,  Tiat Suwardi mengatakan dengan adanya vaksin, kegiatan ekonomi perlahan mulai meningkat, sehingga tepat untuk memulai kegiatan ekonomi di Jawa Timur khususnya Kota Surabaya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dengan cita-cita yang lebih besar, bukan hanya untuk Surabaya, tapi untuk daerah lainnya di Indonesia Bagian Timur. Dengan pertumbuhan ekonomi yang mulai meningkat, kami berharap di tahun-tahun berikutnya dapat bekerjasama untuk mendukung kegiatan MUFFEST,” ungkapnya.

Pihaknya juga MUFFEST di Surabaya disambut dengan antusiasme para pelaku industri fashion muslim yang berbasis di Jawa Timur dan sekitarnya. “Melalui pameran dan fashion show di MUFFEST, para pelaku kreatif dan usaha berharap dapat menggiatkan kembali pasar busana muslim di tanah air, khususnya momen yang potensial menjelang bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri,” ujar Tiat.