Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat memberikan sambutan dalam acara pre event MotoGP sekaligus melepas secara simbolis Team Riders Goes to Mandalika, di Gedung Smesco Indonesia, Minggu (6/3/22). (Foto: dok. Kemenkop UKM)

Jakarta, MNEWS.co.id – Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meminta ajang internasional MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat, dimanfaatkan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk melakukan promosi.

“UMKM Indonesia harus menunjukkan potensinya di kancah internasional, menjadi sarana perluasan produksi, menjaring investasi, serta pengembangan produk yang berkualitas,” ujar Teten  ketika membuka seremoni UMKM Goes To Mandalika di Gedung SMESCO Indonesia, Jakarta, dilansir dari siaran pers Kemenkop UKM.

Teten menjelaskan pihaknya akan menyelenggarakan pameran lebih dari 1.500 produk UMKM unggulan dari 14 provinsi di dalam Pertamina Mandalika International Street Circuit yang menjadi ajang MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Adapun produk yang akan ditampilkan mulai dari kategori otomotif, merchandise, suvenir, produk kesehatan, serta makanan dan minuman (food and beverages).

Pada 2021, industri otomotif meningkat 17,82 persen dengan menyerap sekitar 1,5 juta tenaga kerja di sepanjang rantai nilai industri. Hal ini dianggap menjadi bukti bahwa permintaan pasar otomotif masih tinggi.

“Membaiknya industri otomotif secara otomatis mampu meningkatkan sektor lainnya termasuk UMKM,” katanya.

Menurut Teten, UMKM merupakan sektor pendukung industri otomotif yang di antaranya sebagai penyalur komponen kendaraan. Ia mengatakan MotoGP harus digunakan sebagai wadah promosi bagi produk UMKM, pariwisata, dan investasi.

Menkop Teten menginginkan terwujudnya peta jalan terukur untuk promosi tersebut agar 10 tahun ke depan Indonesia dalam penyelenggaraan MotoGP di Mandalika dapat menaikkan target industri otomotif, termasuk dari sektor UMKM.

“Kalau 10 tahun, saya optimis kita bisa menggerakkan industri otomotif Indonesia berkelas dunia,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, diadakan kegiatan pameran bidang otomotif sebanyak 60 UKM dan 40 UKM travel sebagai rangkaian promosi UMKM sekaligus jasa pariwisata untuk mendukung ajang MotoGP Mandalika.

Selain itu, diselenggarakan juga bimbingan singkat (coaching clinic) terkait keamanan berkendara (safety riding) oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), atraksi freestyle, dan pelepasan Team Riders Goes to Mandalika.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kurang lebih 1.000 pengemudi sepeda motor (bikers) dari berbagai komunitas roda dua serta komunitas otomotif.