Modalku berkolaborasi dengan tiga BPR untuk membiayai peminjaman pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (Foto : Dok. Modalku)
Modalku berkolaborasi dengan tiga BPR untuk membiayai peminjaman pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). (Foto : Dok. Modalku)

Jakarta, MNEWS.co.id – PT Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku) bekerja sama dengan tiga Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yakni, PT BPR Varia Centralartha (Bank Varia), PT BPR Bekasi Binatanjung Makmur (BPR BBTM), dan PT BPR Sukawati Pancakanti (BPR Kanti). Kolaborasi ini sebagai bentuk pendanaan bersama (joint financing), di mana pihak-pihak tersebut bersama mengumpulkan dana untuk membiayai peminjam usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sistem pendanaan bersama dijalankan pada saat nilai pinjaman yang diajukan peminjam terlalu besar untuk dibiayai satu bank atau institusi keuangan. Bentuk kerja sama ini, merupakan yang pertama di antara suatu bank dan platform teknologi finansial (Fintech) di Indonesia.

Reynold Wijaya selaku Co-Founder dan CEO Modalku, mengatakan bahwa kerja sama ini menunjukkan bahwa Financial Technology (fintech) dapat memperkaya ekosistem keuangan Indonesia. Tak hanya memperluas jangkauan layanan keuangan bagi masyarakat dan usaha kecil yang underserved, kolaborasi tersbeut juga bertujuan untuk dapat melengkapi layanan yang diberikan bank. Selain itu, perluasan akses pendanaan bagi UMKM, akan mendukung inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan BPR. Kerja sama ini membuktikan fintech dan bank bisa berjalan beriringan dengan visi yang sama, memperkuat perekonomian Indonesia melalui pengembangan UMKM lokal. Kerja sama ini sesuai dengan nilai gotong royong yang menjadi bagian dari model bisnis Modalku,” ujar Reynold.

Dirinya menambahkan bahwa kerja sama ini, memungkinkan Modalku bisa menjangkau lebih banyak pengguna, tidak terbatas pada wilayah operasional perseroan. “Tim kami mempercayai BPR sebab mereka mengenal karakteristik dan kebutuhan dari masyarakat di daerah-daerah operasionalnya, yaitu Bekasi bagi Bank Varia dan BPR BBTM, serta Bali bagi BPR Kanti,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Paulus Rasubala selaku Direktur Utama Bank Varia, menjelaskan bahwa pihaknya sangat senang bisa bekerja sama dengan Modalku yang sudah memiliki track record sangat baik. Khususnya mengenai BPR yang terus berkomitmen untuk melayani nasabah peminjam sebaik mungkin.

“Melalui kerja sama dengan fintech, penilaian kredit juga menggunakan data alternatif dan proses digital sehingga keputusan kredit didasarkan informasi yang lebih menyeluruh. Untuk kedepannya, kami dan Modalku berharap dapat terus berkolaborasi, mungkin dalam bentuk kerja sama yang lain,” ujar Paulus.