Ilustrasi. (Foto: Trenasia)

Jakarta, MNEWS.co.id – Metaverse akhir-akhir ini hangat diperbincangkan di dunia teknologi. Teknologi yang diakses menggunakan virtual reality (VR) ini membuat manusia dapat bekerja dan melihat konser virtual bersama teman.

Konsep metaverse dimana sebuah platform di dunia digital dengan menghadirkan konsep baru yang diperkenalkan pendiri akun media sosial Facebook Mark Zuckerberg. Yaitu menciptakan ruang alam semesta secara daring dan dapat melakukan segala hal dalam konsep metaverse.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menjelaskan, beberapa dekade ini kita sudah memasuki dunia virtual dan kedepan perkembangan dunia virtual ini akan semakin masif.

Menurutnya, kehidupan manusia akan banyak dihabiskan di dunia virtual atau metaverse, dan tentu ada dampak positif dan negatif yang ditimbulkan.

Hadirnya metaverse membuat semua orang mencoba masuk ke metaverse. Seperti fashion maupun game yang berhubungan dengan non-fungible token (NFT).

“Kita bisa melakukan banyak hal di metaverse, seolah-olah kita masuk pasar dengan tampilan avatar yang berbentuk beragam,” kata Heru.